Longsor di Toraja. Avanza Pendeta Darius Tertimbun dan Jalan Terputus

Mobil Toyota Avanza milik Pendeta Darius yang tertimbun dan jatuh di jurang saat longsor di Lembang Paku, Kecamatan Masanda, Kebaupaten Tana Toraja, Sulsel. | POJOKSULSEL - BAYU

Mobil Toyota Avanza milik Pendeta Darius yang tertimbun dan jatuh di jurang saat longsor di Lembang Paku, Kecamatan Masanda, Kebaupaten Tana Toraja, Sulsel. | POJOKSULSEL - BAYU

POJOKSULSEL.com, TANA TORAJA – Curah hujan yang tinggi dalam dua pekan terakhir menyebabkan tanah longsor menerjang Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Longsor di Toraja terjadi di daerah Lembang Paku, Kecamatan Masanda.

Longsor di Poros Makale-Masanda menimbun satu unit mobil jenis Toyota Avanza milik Pendeta Darius saat melintas. Insiden longsor di Toraja itu terjadi sekitar pukul 01.30 Wita.

Mobil yang tertimbun longsor juga jatuh ke sungai sisi jalan. Beruntung, dalam insiden itu, tidak ada korban jiwa.

Berdasarkan keterangan saksi mata, Ponganan, saat itu dirinya melihat Darius turun dengan memarkir mobilnya. Darius hendak membantu orang yang motornya terselip. Namun, kemudian tiba-tiba ada longsor dan membawa mobil pendeta itu terseret menuju sungai.

Kejadian bencana longsor tersebut juga dibenarkan , Kepala Desa Lembang Paku, ML Paretta mengatakan bahwa memang di wilayah kerjanya itu telah terjadi longsong di dua titik yang mengakibatkan akses menuju Kecamatan Masanda terputus.

Dirinya mengharapkan agar pemerintah untuk bisa turun tangan. Pasalnya, warga tidak mampu untuk mengatasi hal tersebut dan saat ini pun jalan masih tertutup

Kepala BNPB Kabupaten Toraja, Alfian Andi Lolo menjelaskan bahwa pihaknya kini sementara sedang berkomunikasi dengan pemerintah untuk permasalahan itu.

“Kami tetap pantau dan sementara berkordinasi dengan balai propinsi, pasalnya kita tidak bisa biayai itu karena jalan negara, tapi saya tetap pantau,” ujarnya.

Saat ini proses pembukaan akses masih menggunakan alat manual karena belum ada alat berat dari BPBD atau Dinas PUPR.

(bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds