Hasil Panen Meningkat, Sekda Lutra Apresiasi Kinerja Penyuluh

Sekda Luwu Utara Abdul Mahfud

Sekda Luwu Utara Abdul Mahfud

PEMKAB Luwu Utara melalui Sekretaris Daerah (Sekda) kembali mengapresiasi kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Lontaran pujian disampaikan Sekda Abdul Mahfud saat menghadiri acara Pesa Panen di Dusun Padang Desa Salulemo Kecamatan Baebunta, Rabu (23/11) kemarin.

“Hasil panen kita pada hari ini meningkat dibanding musim tanam kemarin. Ini semua tentu tidak lepas dari peranan penyuluh kita di lapangan dalam memberikan pembinaan kepada petani. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada PPL. Juga ucapan yang sama kepada seluruh pihak terkait dalam memberikan kontribusinya masing-masing,” ujar Mahfud.

Rata-rata produktivitas padi di Baebunta mencapai 5,7 ton per hektar, dengan produksi gabah kering 35.753,23 ton. Sementara luas sawah di Baebunta sendiri mencapai 3.485 hektar. Khusus di Desa Salulemo, luas sawah mencapai 310 ha dan produksi gabah kering 2.066,08 ton dengan produktivitas 5,9 ton/ha.

“Dengan melihat angka-angka tadi, kontribusi Kecamatan Baebunta terhadap produksi padi di Kabupaten Luwu Utara mencapai 15%. Tentu ini sebuah peningkatkan dan sudah pasti bisa lebih ditingkatkan lagi dengan catatan adanya perbaikan infrastruktur pertanian dan penerapan 10 paket teknologi.

Kades Salulemo, Bahlin, mengatakan, pesta panen yang dilakukan adalah wujud kesyukuran warga melihat hasil panen yang terus mengalami peningkatan. “Tahun ini kita mendapatkan panen 5 – 7 ton per hektarnya. Untuk itu, kami semua berkumpul dan bersyukur. Salah satu bentuk kesyukuran kami adalah dengan mengadakan berbagai lomba yaitu lomba balap ojek, layang-layang dan lomba domino,” ucapnya. (rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds