Ditanya Soal Politik Dinasti IYL, Obama Ibaratkan Presiden USA G.W. Bush

Bahar Ngintung

Bahar Ngintung

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Jelang Pemilihan Gubernur Sulsel makin memanas. Hal ini tampak dari bagaimana strategi masing – masing tim sukses mengkampanyekan jagoan mereka dalam kontentasi pesta demokrasi lima tahunan di Sulsel tersebut.

Tak ayal, strategi black campaign pun dimainkan dari para militan calon tertentu agar jagoannya selalu terlihat yang paling terbaik dari deretan kontestan Pilgub Sulsel.

Sebut saja, kampanye anti dinasti politik yang terus bergulir di masyarakat Sulsel dengan selalu menghubung – hubungkan kepada pasangan Calon Gubernur – Wakil Sulsel 2018 Ichsan Yasin Limpo -Andi Mudzakkar tak henti – hentinya digaungkan.

Lebih parahnya lagi, konteks kampanye anti politik Dinasti tersebut selalu bernuansa tendensius ke arah yang negatif.

Menanggapi perihal tersebut, Ketua Tim Pemenangan IYL – Cakka, Bahar Ngitung akhirnya angkat bicara. Menurut Obama, sapaan akrab Bahar Ngitung, jika tak ada yang disebut sebagai Dinasti Politik di barisan Ichsan Yasin Limpo dan yang ada hanya kebetulan karir politik dirinya yang terus melaju hingga ke tahapan Calon Gubernur Sulsel 2018 – 2023.

Bukan hanya itu, kata mantan pentolan Partai Hanura Sulsel ini, jika logika Dinasti politik yang selalu digaungkan dengan memakai dasar kakak IYL adalah seorang Gubernur Sulsel dan anaknya adalah Bupati Kabupaten Gowa, ini bukan merupakan permasalahan politik apalagi dinasti politik, melainkan karir politik seseorang.

“Yang ini sudah kodrati, ia kebetulan bersaudara dengan pak Syahrul (Gubernur Sulsel aktif), anaknya adalah Bupati Gowa, kan tidak ada yang tahu kalau kita akan terlahir dari rahim siapa, jadi ini murni kerja – kerja politik dari bawah,” kata Obama saat diwawancarai perihal stigma buruk politik dinasti, Jumat (24/11/2017).

Lebih lanjut, Obama menuturkan, jika IYL juga punya karir politik mulai dari legislator, kemudian jadi Bupati dua periode di Kabupaten Gowa, setelah itu baru mencalonkan sebagi kontestan Calon Gubernur Sulsel.

“Kalau ada yang maju tiba – tiba hanya dengan bermodalkan uang banyak dan keluarga politisi, sementara, pernah terdengar namannya, itu baru dinasti politik yang dimaksud,” tegas Obama.

Obama bahkan memberi gambarang negara – negara maju yang juga pernah terjadi politik dinastik seperti yang dimaksud, namun faktanya tak ada permasalahan. Kata Obama, presiden United State of America (USA) George Walker Bush juga terlahir dari keluarga politisi di Amerika. Bahkan ayahnya juga adalah mantan presiden amerika yakni George H. W. Bush.

“Di Amerika saja, mantan presiden Amerika George Walker Bush adalah anak tertua darinsalah satu mantan presiden amerika bernama George H. W. Bush. Itu negara maju saja ada hal demikian, yang pasti itu soal perjuangan politik,” pungkas Obama.

Diakhir wawancara, Obama juga menyarankan, agar masyarakat Sulsel lebih cerdas memilih pemimpin untuk Sulsel di masa depan. Senator Sulsel juga menyayangkan, masyarakat Sulsel tak memilih IYL – Cakka dalam kontestasi Pilgub Sulsel.

“Sangat merugi, jika masayarakat Sulsel tak memilih mereka (IYL – Cakka), sama – sama pernah menjabat Bupati di daerah masing – masing,” tukas Obama.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds