Sikap Obama Bergabung di IYL-Cakka Kembali Tuai Kecaman

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bergabungnya politisi senior Partai Hanura Bahar Ngitung di Barisan IYL-Cakka pada Pilgub Sulsel 2018 mendatang kembali menuai kecaman kecaman keras dari berbagai pihak di partai Hanura.

Kali ini kecaman itu datang dari Ketua Umum Laskar Muda Hanura (Lasmura) Sulsel, Tri Sulkarnain. Menurutnya, ini mencerminkan status legislator DPD RI ini hanya sebagai “benalu” di Partai Hanura.

Pasalnya, tindakan mengalihkan dukungan kepada pasangan IYL-Cakka bertentangan dengan arah usungan rekomendasi yang telah ditandatangani Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Odang dan Sekjend Hanura, Sarifuddin Sudding.

“Pak Obama (sapaan Bahar Ngitung) sama sekali tidak menunjukkan sebagai kader atau petugas partai. Mestinya dia paham bagaimana aturan di partai, tapi sekarang justru seperti benalu,” bebernya di Warkop Point Boulevard, Makassar, Rabu (22/11/2017).

Apalagi, lanjut Tri Sulkarnain, Obama sebagai elite pengurus pusat memiliki kedekatan lebih intim dalam melobi penentuan putusan di level pusat. Dirinya juga tentu memperoleh informasi lebih cepat terhadap segala keputusan dari DPP Hanura.

“Sebagai kader pusat, Pak Obama harus lebih paham aturan partai sehingga apapun keputusan yang dilakukan dari pusat juga wajib diikutinya. Tidak seperti sekarang yang berseberangan,” ujarnya.

Ia pun mengharapkan, pengurus DPP Hanura segera menindak tegas pelanggaran yang dilakukan Obama kali ini. Sebab, hal tersebut dapat memicu tidak solidnya internal partai dalam menghadapi Pilgub Sulsel.

“Ya, sanksinya harus dikeluarkan oleh partai sebelum Pak Obama yang minta duluan mengundurkan diri, sebelum nanti juga ada pengurus lain yang ikut-ikutan,” tandasnya.

Keputusan Obama dengan menjadi Ketua Tim Pemenangan IYL-Cakka dinilai Ketua Lasmura Sulsel berdasarkan kepentingannya dalam Pemilihan Legislatif. Tri Sulkarnain menyebutkan, basis pemilih Obama banyak dipengaruhi oleh Mantan Bupati Gowa tersebut.

“Tentu kita tidak bisa pisahkan itu, ada kecenderungan kepentingan pribadi di situ,” tegasnya.

Partai Hanura resmi mengusung pasangan bakal calon Gubernur-bakal calon Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar pada pilgub mendatang. Sahnya usungan tersebut usai penyerahan langsung surat rekomendasi dukungan kepada Nurdin Halid oleh Ketua Umum Hanura Sulsel, Andi Ilhamsyah Mattalatta di kediamannya, Jalan Lasinrang, Makassar, Sabtu (18/11) lalu.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds