Kopi Ternyata Bisa Menyebabkan Mau Mulut

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Banyak yang tidak menyadari, apa sebenarnya penyebab terjadinya nafas kurang sedap atau bau mulut.

Bau mulut dapat disebabkan oleh mulut kering. Air liur sendiri, kata dokter gigi Harold Katz, berfungsi untuk mencegah kuman dan bakteri berkembang biak.

Obat flu dan demam dan konsumsi alkohol, perlu diketahui, adalah salah satu penyebab mulut kering. Sama halnya dengan konsumsi keju yang berlebihan, di mana protein keju merupakan makanan yang disukai bakteri.

“Makan penyebab bau mulut lainnya yang harus dihindari adalah bawang putih, kubis, kembang kol, brussel sprouts. Semua jenis makanan ini mengandung senyawa sulfur yang tinggi mirip dengan senyawa kimia yang dihasilkan bakteri penyebab bau mulut,” jelas Dr. Katz seperti dilansir Express.co.id (17/11/2017).

Demikian juga minuman kesukaan semua orang, kopi. Kopi, lanjut Katz, mengandung asam dalam jumlah yang tinggi, memungkinkan bakteri untuk berkembang biak secara cepat, inilah yang menyebabkan rasa pahit di mulut dan berujung napas yang tidak sedap.

Sebab itu, lanjutnya lagi, perlu untuk menjaga agar mulut tetap dalam keadaan terhidrasi, salah satu caranya adalah dengan konsumsi enam hingga delapan gelas air putih setiap harinya. Menggunakan mouthwash atau mengunyah permen karet.

Namun jika cara-cara di atas tidak menjauhkan Anda dari masalah yang satu ini, maka, janji dengan dokter gigi atau terapis dental adalah solusi terakhir bagi Anda, National Health Service menyarankan. (fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds