Hindari Konflik Jelang Pilgub, Kesbangpol Lutra Gelar Forum Diskusi

Hindari Konflik Jelang Pilgub, Kesbangpol Lutra Gelar Forum Diskusi

Hindari Konflik Jelang Pilgub, Kesbangpol Lutra Gelar Forum Diskusi

BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Luwu Utara, Jumat (17/11), menggelar Forum Diskusi Politik di Aula Hotel Remaja Indah Masamba. Forum Diskusi ini dibuka langsung Asisten III Bidang Administrasi Umum, Muhammad Kasrum, dan dihadiri 50 peserta yang terdiri dari perwakilan pengurus partai politik (parpol), ormas, dan tokoh masyarakat lainnya.

Kasrum yang hadir mewakili Bupati mengatakan, dalam mewujudkan kehidupan demokrasi yang bertanggung jawab, maka pemerintah sudah selayaknya membuka ruang diskusi melalui forum-forum resmi seperti yang diselenggarakan Kesbangpol ini. Lewat forum ini, kata Kasrum, diharapkan masyarakat semakin tercerahkan dalam menghadapi pesta demokrasi mendatang.

“Forum diskusi yang kita lakukan hari ini adalah upaya kita bersama dalam rangka menciptakan kehidupan demokrasi yang bertanggung jawab, menampung aspirasi masyarakat dengan tidak membeda-bedakan hak politik setiap masyarakat, sehingga tidak terjadi konflik politik yang saling merugikan satu sama lainnya,” ujar Kasrum dalam sambutan Bupati yang dibacakannya.

Forum diskusi ini, kata Kasrum, sangat urgen dilakukan dalam menghadapi dua perhelatan politik di 2018 dan 2019 mendatang, di mana tahun depan ada kontestasi politik Pemilihan Kepala Daerah Serentak, dan Pemilihan Umum 2019. Khusus Pilkada Serentak, di Sulawesi Selatan akan dihelat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Untuk itu, lanjut Kasrum, dibutuhkan pendidikan politik melalui forum-forum diskusi seperti ini.

“Kita berharap, melalui forum diskusi ini, tercipta pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Tentu kita juga berharap, lewat forum ini pula, proses pemilukada bisa berjalan baik dan benar, sehingga kita mampu melakukan deteksi dini segala gangguan yang dapat menghambat jalannya proses demokrasi di Pilkada Serentak mendatang,” jelas Kasrum.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Kesbangpol, Syahruddin, dalam laporannya menjelaskan bahwa forum diskusi politik dilakukan dalam rangka untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap jalannya pesta demokrasi, serta bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat di Pilgub Sulsel mendatang. “Kita ingin memberikan pemahaman bagaimana berdemokrasi yang baik,” ujar Syahruddin.

Forum diskusi politik ini juga dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Enyon, Kapolres Luwu Utara yang diwakili Kabag Ops Hamuddin, dan Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data Syamsul Bachri. Dalam forum tersebut, peserta terlihat antusias mengikuti jalannya diskusi. Terbukti diskusi berjalan sangat cair, komunikatif dan interaktif. (rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds