Tolak Surat Tugas, Kader Bakar Jaket Demokrat di Depan Kantor DPD

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sekitar dua puluhan lebih pemuda yang tergabung dalam Masyarakat Era Democrazy (Mercy) berunjuk rasa di depan Kantor DPD Partai Demokrat Sulsel, di Jalan Yusuf Dg Ngawing Kota Makassar Jumat (3/11/2017).

Demonstrasi yang mereka lakukan sebagai respons terkait penerbitan surat tugas oleh DPP Partai Demokrat kepada pasangan IYL – Cakka, untuk diusung di Pilgub Sulsel pada 2018 mendatang.

Salah seorang kader Partai Demokrat Kabupaten Gowa Syam Sumarlin mengaku, kecewa dengan diterbitkannya surat tugas kepada pasangan IYL – Cakka. Apalagi, IYL tidak pernah mengikuti tahapan penjaringan yang dilaksanakan DPD Parra besutan SBY itu.

“Sepanjang berdirinya partai Demokrat, baru kali ini ada skenario seperti ini,” kata Syam Sumarlin saat berorasi.

Syam Sumarlin mengatakan, aksinya pada hari ini masih prakondisi. Dia menegaskan akan terus menggelar aksi serupa. Bahkan, sambung Syamsul Marling, aksi perlawanan ini juga akan dilakukan di beberapa daerah di Sulsel.

Aksi yang berlangsung sekitar 30 menit itu, dirangkaikan dengan teaterikal. Tampak sejumlah pengunjuk rasa memakai topeng para bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel yang ikut proses penjaringan Partai Demokrat. Termasuk Makai topeng foto IYL.

Dalam teaterikal itu juga memainkan skenario penyerahan surat tugas. Setelah itu, dilanjutkan dengan orasi, dan pembakaran jaket Lartai Demokrat yang dilakukan oleh Syam Sumarlin.

“Demi untuk menjunjung tinggi marwah partai, nama besar Ketua DPD Demokrat Sulsel, kakanda Ni’matullah dan bapak Susilo Bambang Yudhoyono, saya terpaksa melakukan hal ini (membakar baju jas Partai Demokrat). Ini bentuk kekecewaan saya, terhadap keputusan partai yang menciderai demokrasi,” kata Syam Sumarlin.

Usai menyampaikan aspirasinya, peserta aksi yang tidak mendapatkan pengawalan kepolisian membubarkan diri dengan tertib.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds