Waduh… 4 Desa di Bone Belum Menikmati Listrik

Ilustrasi | DOK. POJOKSULSEL

Ilustrasi | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, BONE – Warga di empat desa di Kabupaten Bone hingga saat ini belum bisa menikmati listrik. Desa itu berada di pelosok Kecamatan Bontocani dan Tellu Limpoe.

Keempat desa tersebut yakni Desa Patuku, Desa Erecinong, dan Desa Langi. Ketiganya berada di Kecamatan Bontocani. Kemudian satu desa lainnya adalah Desa Tapong Kecamatan Tellulimpoe. Bontocani dan Tellu Limpoe adalah dua wilayah terpencil di Kabupaten Bone.

PT PLN Area Watampone yang berkantor pusat di Bone, membawahi dua daerah, yakni Kabupaten Bone dan Wajo.

Total pelanggan PLN di dua daerah ini sebanyak 264.749. Ini terbagi atas pelanggan Kabupaten Bone sebanyak 171.816 sambungan. Kemudian Kabupaten Wajo 92.933 pelanggan. Dengan kata lain, Bone menjadi pemilik pelanggan terbesar.

Kendati demikian, belum semua warga di daerah ini bisa menikmati listrik. Sejauh ini, masih terdapat empat desa yang belum tersentuh jaringan listrik PLN.

“Sisa empat desa yang belum tersentuh listrik di Kabupaten Bone, sedangkan di Kabupaten Wajo sudah semua,” ungkap Bakhtiar, Wakil Humas PLN Area Watampone saat dikonfirmasi RADAR BONE.

Bakhtiar menjelaskan, keempat desa tersebut belum tersentuh listrik karena memiliki akses jalan yang buruk serta berada di kawasan hutan.

“Kendalanya jalan dan sebagian jalur kawasan hutan yang masih harus diklarifikasi dengan Kehutanan untuk status hutannya,” jelas Bakhtiar.

Menanggapi masih adanya empat desa yang belum tersentuh listrik, Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi yang dikonfirmasi terpisah, menyatakan akan mendorong PLN melengkapi jaringan listrik, di empat desa dimaksud.

“Kita tentu mendorong agar PLN bisa menjangkau desa tersebut, sehingga masyarakat di sana bisa menikmati layanan listrik,” ujar Fahsar.

Terkhusus akses jalan yang menjadi kendala PLN, pemerintah daerah melalui Dinas PU dan Penataan Ruang terus melakukan upaya perbaikan dan pembangunan jalan.

Sebelumnya, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Bone, Ir Khalil Syihab mengatakan jika ditotal jalan yang telah dihotmix sudah mencapai sekira 320,376 km atau sekira 178,1%. “Hal ini tentu saja telah memenuhi bahkan melampaui janji Bupati Bone pada periode awal kepemimpinannya, yaitu sepanjang sekitar 180 km,” jelas Khalil. (RB/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Resmi!!! Ongkos Haji 2018 Naik

POJOKSULSEL. com – Ongkos penyelenggaran ibadah haji di tahun 2018 atau 1439 hijriah mengalamai kenaikan ‎sebesar 2,58 persen. Hal itu …

Stadion Mattonging Ditutup

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, akan ditutup sementara. Ini dilakukan selama perbaikan lapangan, yang mengalami kerukan pasca …