Jenderal Gatot Kena Red Notice, Menteri Pertahanan AS Minta Maaf

Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Panglima TNI Gatot Nurmantyo

POJOKSULSEL.com – Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan (Kemhan), Brigjen TNI Totok Sugiharto mengatakan, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis telah meminta maaf kepada Menhan Indonesia, Ryamizard Ryacudu.

Permintaan maaf itu ‎diungkapkan Totok, setelah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, ditolak untuk memasuki negara AS oleh US Custom and Border Protection.

“James Mattis menyampaikan permohonan maaf kepada Menhan Ryamizard Ryacudu atas insiden ditolaknya Panglima TNI di AS untuk memenuhi undangan,” ujar Totok dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin (23/10).

Ungkap Totok, permohonan maaf ini disampaikan secara khusus di sela-sela acara ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) di Filipina, yang berlangsung tanggal 22 sampai 25 Oktober 2017 ini.

“Permintaan maaf ini disampaikan secara khusus sebelum Menhan AS bertemu dengan para Menhan ASEAN,” katanya.‎

Sekadar informasi, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dijadwalkan terbang menggunakan maskapai penerbangan Emirates EK 0357, Sabtu (21/10). Dia telah mengurus visa keberangkatan bersama istri dan rombongan delegasi jauh hari.

Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, beberapa saat sebelum terbang, Gatot diberitahu oleh pihak maskapai Emirates bahwa dirinya ditolak berangkat ke AS.

Pemberitahuan dari maskapai penerbangan menyatakan bahwa Gatot bersama rombongan tidak boleh memasuki wilayah AS oleh US Custom and Border Protection.

Atas kejadian ini, Gatot beserta rombongan memutuskan tidak akan menghadiri undangan tersebut sampai ada penjelasan resmi dari Pemerintah AS. 

Gatot juga telah melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto tentang masalah tersebut, sekaligus berkirim surat kepada Panglima Angkatan Bersenjata AS, Jendral Joseph F. Durfort Jr.‎

(cr2/ce1/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

lutra, luwu utara, adv pemkab lutra, adv lutra, bupati lutra, indah putri indriani, bupati cantik

Bupati Lutra: SOP Wajib Dipublikasikan

STANDAR Operasional Prosedur (SOP) adalah kumpulan peraturan yang dibuat untuk mempermudah seseorang/kelompok/organisasi dalam bekerja. Dalam instansi pemerintahan, SOP berfungsi untuk …