6 Makanan yang Menyehatkan Ginjal Anda

Ilustrasi - Buah-buahan

Ilustrasi - Buah-buahan

POJOKSULSEL.com – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, mengatur tekanan darah, mempertahankan kalsium bagi tulang, dan merangsang sumsum tulang agar bisa membuat sel darah merah.

Karena itu, kesehatan ginjal haruslah menjadi perhatian ekstra.
Berikut beberapa makanan yang bisa menyehatkan ginjal, asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

 

1. Kayu manis.

Kayu manis dikenal karena kemampuannya untuk membantu mengatur kadar glukosa. Sehingga hal ini bisa membantu tubuh untuk mengelola glukosa dengan lebih baik dan melindungi dari gangguan gula darah. Kelebihan glukosa yang dihasilkan dari diabetes bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

2. Minyak zaitun.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan, penderita ginjal kronis yang menerapkan diet dengan minyak zaitun mampu memperbaiki kualitas kesehatannya. Komponen aktif pada buah zaitun bisa memperbaiki kehidupan penderita ginjal kronis, dan tentunya akan mendukung kesehatan ginjal.

3. Bawang.

Bawang merah dan bawang putih mengandung quercetin. Quercetin adalah flavonoid yang memiliki efektivitas tinggi sebagai antioksidan. Penelitian telah menemukan, quercetin bisa membantu memberikan perlindungan terhadap kerusakan ginjal bagi perokok.

4. Kubis.

Kubis mengandung zat belerang atau sulfur yang memiliki kemampuan sebagai pembersih dan pengikat cairan racun yang mengendap di jaringan hati, sehingga mudah untuk dikeluarkan melalui keringat dan urine. Selain itu, kubis mengandung vitamin K, C, B6, serat, dan asam folat yang membantu menjaga kesehatan ginjal.

5. Apel.

Apel adalah buah yang baik bagi perawatan kulit karena mengandung vitamin E dan serat yang tinggi. Apel juga memiliki zat yang mampu membersihkan saluran pencernan dan mengoptimalkan kesehatan hati. Zat tersebut bernama pektin yang di dalamnya terdapat vitamin, zat besi, dan mineral lengkap.

6. Putih telur.

Mengandung protein dengan kualitas paling murni, putih telur juga dilengkapi dengan asam amino dan rendah fosfor. Jika mengalami masalah ginjal, Anda membutuhkan protein dengan kandungan sedikit fosfor.

Makanan yang cocok adalah putih telur karena kaya akan protein, tetapi memiliki kandungan fosfor lebih rendah dibandingkan sumber protein lainnya.

Untuk menghindarkan ginjal dan hati dari kerusakan, Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang sudah dijelaskan karena dapat meningkatkan kesehatan organ-organ tersebut. Tapi ingat, konsumsilah dalam porsi secukupnya dan tidak berlebihan. (klikdokter/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds

IYL-Cakka

IYL: Mari Ciptakan Politik Santun

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Rapat Koordinasi (Rakor) jaringan pemuda dan mahasiswa untuk Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), sukses digelar di Hotel …
Indra Sjafri

PSSI: Terima Kasih Indra Sjafri

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Indra Sjafri sudah resmi tidak menangani lagi Timnas Indonesia U-19. Kepastian itu diungkapkan PSSI pada jumpa pers …
Setya Novanto

Ini Kata Setnov Soal Tahanan KPK

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto sudah dua hari menginap di rumah tahanan lembaga antirasuah …
Andi Sudirman Sulaiman

Sudirman Sulaiman Sasar 70 Desa di Wajo

POJOKSULSEL.com, WAJO – Menyusuri desa-desa, menyapa dan mendengarkan harapan serta keluhan masyarakat menjadi bagian yang menarik dari aktifitas bakal calon …