Ternyata Ini Alasan Perempuan Lanjut Usia Malas Bercinta

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Usia pasti memengaruhi fungsi organ fisik seseorang. Pada wanita, ketika usia mereka makin lanjut bahkan masuk dalam fase menopause, hal tersebut bisa pula memengaruhi libido mereka.

Survei membuktikan satu dari tiga wanita di atas usia 40 tahun mengalaminya.

 

Mereka menghindari hubungan seksual dengan pasangan karena fungsi kandung kemih mereka semakin lemah. Belum lagi kekhawatiran buang air kecil saat sedang bercinta.

Satu dari 10 wanita mengakui masalah kandung kemih membuat mereka tak percaya diri. Sementara, 23 persen mengatakan hal itu menyebabkan mereka makin tak menarik.

Pakar Seks dari Amerika Serikat, Annabelle Knight mengatakan, kondisi ini membuat kepercayaan diri kaum hawa anjlok, merasa malu dan merasa tidak menarik.

“Ini memberi tekanan besar atau stres jika wanita tidak berbicara dengan pasangan atau komunikasi yang baik. Kehidupan seks yang bahagia dan sehat adalah kunci untuk sebuah hubungan,” ujarnya seperti dilansir dari The Sun, Jumat (20/10).

Baginya, kebahagiaan hubungan intim bukan sekadar soal frekuensi. Untuk satu pasangan mungkin tiga kali sehari wajib.

“Tetapi bisa jadi bagi yang lain, tiga kali dalam setahun. Yang mesti diingat, hubungan intim secara teratur kunci hidup bahagia. Jika pasangan bahagia dan sehat di dalam kamar tidur, maka akan bahagia dan sehat di luar kamar tidur,” ungkap Knight.

Dia menjelaskan, kelemahan kandung kemih bisa menyebabkan wanita justru buang air kecil saat orgasme. Tapi bukan hanya di kamar tidur, bersin sederhana atau batuk juga bisa membuat mereka buang air kecil.

Hal ini umum terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Penurunan kadar hormon seks wanita selama menopause dapat melemahkan otot dasar panggul, sehingga membuat wanita sulit menahan diri saat harus buang air kecil.

Seorang wanita dianggap berada dalam masa menopause saat mereka tidak memiliki siklus menstruasi selama 12 bulan. Hal itu berarti mereka sudah sampai pada akhir masa reproduksinya.

Gejalanya biasanya dimulai beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum menstruasi berhenti, dikenal sebagai perimenopause. Rata-rata, kebanyakan gejala berlangsung sekitar empat tahun dari haid terakhir.

Alasan lain mengapa wanita lansia menghindari intim saat mereka mengalami menopause adalah karena bercinta meningkatkan risiko kekeringan Miss V dan membuat mereka sakit saat bercinta.

Knight menyarankan salah satu solusinya adalah latihan dasar panggul. “Jika bisa melakukannya, maka dia telah meminta panggul untuk konsisten mengerjakannya. Hal itu bisa dilakukan di mana saja,” katanya.

Latihan dasar panggul bekerja dengan mengirimkan impuls melalui bantalan yang menempel pada paha yang menyebabkan kontraksi di dasar panggul.

Manfaatnya bisa memperkuat otot di sekitar kandung kemih, Miss V, dan bagian belakang. Latihan ini juga dikenal sebagai senam kegel.

Cara ini dapat membantu mencegah inkontinensia urin, mengobati prolaps, dan bahkan membuat hubungan intim lebih baik dengan meningkatkan orgasme.

“Banyak membaca referensi cara senam kegel yang tepat akan memperbaiki kehidupan bercinta di usia senja,” pungkas dia.

(ika/ce1/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Victor Igbonefo psm makassar

PSM Makassar Incar Victor Igbonefo

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- PSM Makassar memulai memanaskan perburuan pemain menghadapi Liga musim 2018. Selain mencari striker berpaspor Asia, tim berjuluk Ayam …
deklarasi danny-indira

Ada Obama di Deklarasi Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bahar Ngitung (Obama) yang baru saja dilantik sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan bakal calon Gubernur Sulsel 2018, …

Golkar Resmi Usung Ibu Menteri

POJOJSULSEL.com – Partai Golkar resmi mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan ‎Bupati Trenggalek Emil Dardak, dalam Pilgub Jawa …
golkar maros, golkar sulsel, musda golkar maros, calon ketua golkar maros, ketua golkar maros, kandidat ketua golkar maros

Kader Muda: Golkar Kalah dari Setnov

POJOKSULSEL.com – Inisiator Generasi Muda Partai Golkar Mirwan Bz Vauly mengatakan, hasil pleno DPP PG menunjukkan bahwa partai berlambang pohon beringin itu …