Soal Reklamasi, Begini Jawab Tegas Wagub

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno

POJOKSULSEL.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkap kesiapannya untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat terkait reklamasi di Teluk Jakarta. Dia menyebut, bersama dengan Gubernur Anies Baswedan telah dipercaya warga Jakarta untuk menjalankan janji kampanye.

“Kita siap berkoordinasi. Kita gak mau diadu-adu. Pemprov harus selaras dengan Pempus. Kita punya mandat dari rakyat, yaitu menghentikan reklamasi,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/10).

 

Menurutnya, Pemerintah dalam hal ini Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan. Kedua belah pihak harus saling menghargai wilayahnya masing-masing.

“Pemerintah juga punya posisi. Mari kita duduk sama-sama dan kita hargai kewenangan masing-masing. Kita tetap dalam koridor masing-masing,” tutur Sandi.

“Untuk bangsa Indonesia, untuk rakyat Jakarta. Rakyat yang terpinggirkan, termajinalkan itu kita harus bela. Kita hadir di sini. Negara hadir. Itu saja,” tambahnya.

Sandi sebelumnya mengaku, agenda pertemuannya dengan Menko Luhut adalah permintaan dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Namun, hingga saat ini Anies-Sandi dan Luhut belum memiliki jadwal yang pas untuk menggelar rapat koordinasi.

Sementara itu, moratorium izin reklamasi Pulau C, D, dan G di Teluk Jakarta telah dicabut tak lama sebelum Djarot Saiful Hidayat purnatugas sebagai gubernur. Artinya, pengembang telah dapat kembali melanjutkan aktivitas reklamasi Teluk Jakarta.

Pencabutan moratoriun ditandai dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Nomor S-78-001/02/Menko/Maritim/X/2017 untuk mencabut moratorium reklamasi yang ditetapkan Menko Kemaritiman sebelumnya, Rizal Ramli.

(cr3/ce1/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Victor Igbonefo psm makassar

PSM Makassar Incar Victor Igbonefo

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- PSM Makassar memulai memanaskan perburuan pemain menghadapi Liga musim 2018. Selain mencari striker berpaspor Asia, tim berjuluk Ayam …
deklarasi danny-indira

Ada Obama di Deklarasi Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bahar Ngitung (Obama) yang baru saja dilantik sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan bakal calon Gubernur Sulsel 2018, …

Golkar Resmi Usung Ibu Menteri

POJOJSULSEL.com – Partai Golkar resmi mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan ‎Bupati Trenggalek Emil Dardak, dalam Pilgub Jawa …
golkar maros, golkar sulsel, musda golkar maros, calon ketua golkar maros, ketua golkar maros, kandidat ketua golkar maros

Kader Muda: Golkar Kalah dari Setnov

POJOKSULSEL.com – Inisiator Generasi Muda Partai Golkar Mirwan Bz Vauly mengatakan, hasil pleno DPP PG menunjukkan bahwa partai berlambang pohon beringin itu …