Polri Ngotot Bentuk Densus Tipikor, Walaupun Wapres JK Menolak

Ilustrasi Polri

Ilustrasi Polri

POJOKSULSEL.com – Meski ditolak oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, namun pembentukan Destasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) saat ini tengah dalam pembahasan panjang di ranah institusi Polri bersama dengan Komisi III DPR dan Pemerintah.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto memastikan, Densus Tipikor nantinya akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung dalam melaksanakan segala tugasnya.

 

“Nantinya dari Kejasaan ada tim yang menangani kasus-kasus tindak pidana korupsi, sehingga itu sudah sejalan semangatnya,” kata Setyo Wasisto di Komplek Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (20/10).

Untuk mematangkan Densus Tipikor, Polri telah mempersiapkan segala sesuatunya seperti mengkaji struktur organisasi, dan juga anggaran untuk membentuk Densus Tipikor.

“Kita sudah membuat struktur, dikaji dari organisasi dan tata lembaga, kemudian anggaran juga sudah dipersiapkan. Termasuk rekrutmen personel, untuk pelatihan-pelatihan akan menyusul,” ujar Setyo.

Polri, kata Setyo, juga akan memberi pelatihan kepada anggotanya yang akan menjadi calon penyidik di Densus Tipikor. Pasalnya, kasus korupsi merupakan tindak pidana yang harus mendapat penanganan khusus.

“Kita akan selalu melakukan pelatihan, melakukan penyegaran untuk masalah pendidikan itu. Jadi khusus untuk misalnya masalah korupsi, kita adakan pelatihan khusus,” tutur Setyo.

Lebih jauh Setyo menginginkan, pada akhir tahun 2017 Densus Tipikor diharapkan dapat beroperasi. Namun, Polri akan mengikuti sikap pemerintah mengenai Densus Tipikor.

“Sudah kita persiapkan (pembentukan Densus Tipikor), tapi nanti kalau pemerintah ada keputusan lain mungkin kita ikut,” tandas Setyo.

(cr5/JPC)



loading...

Feeds

Victor Igbonefo psm makassar

PSM Makassar Incar Victor Igbonefo

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- PSM Makassar memulai memanaskan perburuan pemain menghadapi Liga musim 2018. Selain mencari striker berpaspor Asia, tim berjuluk Ayam …
deklarasi danny-indira

Ada Obama di Deklarasi Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bahar Ngitung (Obama) yang baru saja dilantik sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan bakal calon Gubernur Sulsel 2018, …

Golkar Resmi Usung Ibu Menteri

POJOJSULSEL.com – Partai Golkar resmi mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan ‎Bupati Trenggalek Emil Dardak, dalam Pilgub Jawa …
golkar maros, golkar sulsel, musda golkar maros, calon ketua golkar maros, ketua golkar maros, kandidat ketua golkar maros

Kader Muda: Golkar Kalah dari Setnov

POJOKSULSEL.com – Inisiator Generasi Muda Partai Golkar Mirwan Bz Vauly mengatakan, hasil pleno DPP PG menunjukkan bahwa partai berlambang pohon beringin itu …