Fakta atau Mitos, Bercinta Bisa Bakar Kalori?

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Banyak perempuan beranggapan sering bercinta bisa menjadi sarana olahraga untuk membakar kalori. Memang, bercinta merupakan aktivitas fisik, akan tetapi apakah betul bisa membakar kalori? Lalu seberapa banyak?

Dilansir dari Insider, Kamis (19/10/2017), ternyata mitos itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya waktu, jenis kelamin, dan berat badan seseorang. Pada akhirnya, seseorang justru menganggap seks sebagai kesenangan.

 

Dalam setiap gerakan dan posisi bercinta tentu membuat pasangan berkeringat dan bisa menjadi sensasi yang menyenangkan dalam aktivitas itu.

Selebriti dan model Miranda Kerr, Khloe Kardashian, dan aktor Charlie Hunnam pun mengaku tetap bugar karena sering bercinta.

Dari sisi medis, jumlah kalori yang dibakar saat bercinta masih diperdebatkan. Penelitian terbaru menyebutkan pria membakar 100 kalori saat berhubungan seks, dan perempuan membakar 69 kalori.

Waktu rata-rata setiap pasangan menghabiskan waktu berhubungan seks adalah 25 menit, termasuk foreplay. Jelas semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk berhubungan seks, semakin banyak kalori yang akan dibakar.

Tapi penelitian lain menemukan angka kalori yang terbakar saat bercinta tidak siginifikan berkurang. Satu studi menemukan bukti pada pria hanya membakar 21 kalori selama enam menit bercinta. Bahkan, pada perempuan belum terbukti. Maka, bercinta bisa membakar kalori tergantung pada berapa lama berhubungan dan berat badan seseorang.

Ada pula sebuah alat yang mengukur berapa banyak kalori yang dibakar berdasarkan jenis kelamin pasangan bobot pasangan, posisi, dan durasi bercinta.

Simpulannya, seks adalah aktivitas fisik yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk memperbaiki mood dan memberi lebih banyak energi. Namun, jika indikatornya untuk membakar kalori, hal itu tak bisa berlaku umum.

(ika/ce1/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds