Wah… Anies Baswedan Disarankan Tetap Mainkan Isu Pribumi

ubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berangkat bersama di hari pertama bekerja, Selasa (17/10). (Instagram/@aniesbaswedan)

ubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berangkat bersama di hari pertama bekerja, Selasa (17/10). (Instagram/@aniesbaswedan)

POJOKSULSEL.com – Pengamat komunikasi politik dari Universitas Mercu Buana Jakarta Maksimus Ramses Lalongkoe menilai, ada banyak isu yang dapat dimanfaatkan Anies Baswedan untuk meningkatkan elektabilitas jika ingin maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2019.

Salah satunya soal penguatan peran pribumi sebagaimana terucap pada pidato pertama Anies di Balai Kota Jakarta, usai dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Senin (16/10) lalu.

 

“Saya kira soal penguatan pribumi salah satu isu yang dapat dimainkan. Karena meski merugikan integritas Anies di satu sisi, tapi di sisi lain ada kelompok-kelompok yang justru menyukainya,” ujar Ramses kepada JPNN, Kamis (19/10/2017).

Selain soal penguatan peran pribumi, Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia itu menilai ada hal-hal lain yang juga dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan elektabilitas mantan Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan tersebut.

Misalnya soal kebijakan hal-hal yang berkaitan dengan kekuasaan dan keberpihakan pada rakyat kecil.

“Saya kira ada banyak pola pendekatan yang bisa dilakukan tim Anies untuk meningkatkan elektabilitasnya nanti. Apalagi berada di pusat kekuasaan dan berada di tengah sorotan media,” ucapnya.

Meski demikian mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut, kata Ramses, tetap perlu berhati-hati. Karena ketika berada di dekat kekuasaan dan di tengah sorotan media, kesalahan sekecil apa pun bisa meruntuhkan segudang prestasi dan elektabilitas yang dibangun dengan susah payah.

Contohnya seperti yang dialami mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Hanya karena satu kata, bukan saja membuatnya kalah pada pilkada. Namun juga membawanya menjadi pesakitan secara hukum.

(gir/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Victor Igbonefo psm makassar

PSM Makassar Incar Victor Igbonefo

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- PSM Makassar memulai memanaskan perburuan pemain menghadapi Liga musim 2018. Selain mencari striker berpaspor Asia, tim berjuluk Ayam …
deklarasi danny-indira

Ada Obama di Deklarasi Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bahar Ngitung (Obama) yang baru saja dilantik sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan bakal calon Gubernur Sulsel 2018, …

Golkar Resmi Usung Ibu Menteri

POJOJSULSEL.com – Partai Golkar resmi mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan ‎Bupati Trenggalek Emil Dardak, dalam Pilgub Jawa …
golkar maros, golkar sulsel, musda golkar maros, calon ketua golkar maros, ketua golkar maros, kandidat ketua golkar maros

Kader Muda: Golkar Kalah dari Setnov

POJOKSULSEL.com – Inisiator Generasi Muda Partai Golkar Mirwan Bz Vauly mengatakan, hasil pleno DPP PG menunjukkan bahwa partai berlambang pohon beringin itu …