Cantiknya Bulan Masagena, PNS Luwu Utara Berbalut Kain Rongkong

Cantiknya Bulan Masagena, PNS Luwu Utara Berbalut Kain Rongkong

Cantiknya Bulan Masagena, PNS Luwu Utara Berbalut Kain Rongkong

BANYAK cara yang dilakukan untuk melestarikan nila-nilai budaya dan kearifan lokal. Salah satunya adalah dengan mengenakan tenunan tradisional, seperti yang dilakukan Bulan Masagena, mantan Sekretaris Pribadi (Sespri) Bupati Indah Putri Indriani.

Dengan mengenakan tenunan tradisional kain Rongkong, Bulan terlihat anggun, cantik, dan sangat memesona. Hal itu terlihat dari unggahan beberapa foto dirinya dengan balutan kain rongkong berupa selendang dan rok di akun facebook pribadinya.

 

Dalam keterangan foto yang sangat fotogenik tersebut, Bulan menulis, “Bangga mengenakan tenunan tradisional kain Rongkong, yang merupakan salah satu cara melestarikan nilai-nilai budaya.”

Kemudian Bulan menambahkan kalimat-kalimat penjelasan tentang kain Rongkong. Menurutnya, tenunan Rongkong adalah tenunan khas peninggalan leluhur Rongkong yang dikerjakan secara turun-temurun oleh masyarakat Rongkong. Tenunan tradisional ini, kata Bulan, bisa dibuat selendang, rok, sarung, dan asesoris lainnya.

Bulan Masagena

Cantiknya Bulan Masagena, PNS Luwu Utara Berbalut Kain Rongkong

“Jenis tenunan yang saya kenakan sebagai rok adalah jenis pori situtu’ dengan motif sekong sirenden sipomandi dibingkai motif bunga bau dan motif sora. Sedangkan pada selendang terdapat motif guliling dibingkai motif bua-bua dan sora,” tulis Kasubid Pembangunan Manusia dan Masyarakat BAPPEDA ini.

Di akhir tulisan pada foto tersebut, Bulan mengajak semua orang untuk senantiasa mencintai produk lokal, dan melestarikan nilai-nilai budaya, seperti tenunan tradisonal khas Rongkong. “Cintai produk lokal, lestari alamku, dan lestari tenunanku,” tulis Bulan bernada mengajak untuk mencintai budaya dan kearifan lokal. (rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds