Anda Alami Masalah Rambut, Perhatikan Kesehatan Anda

Ilustrasi

Ilustrasi

KONDISI rambut bisa berkaitan dengan kesehatan. Masalah rambut mungkin menjadi tanda adanya penyakit yang tidak Anda sadari.

Berikut ini beberapa kaitan antara kondisi kesehatan yang dihubungkan dengan masalah rambut, seperti dilansir laman Sheknows:

 

1. Kekurangan vitamin penting

Jika rambut Anda menipis atau hilang sama sekali, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda kekurangan beberapa vitamin pada sistem kekebalan tubuh.

Sangat umum bahwa rambut yang menipis mewakili kekurangan pada vitamin tertentu.

Mengganti nutrisi tersebut dengan multivitamin atau mengubah diet Anda untuk memasukkan lebih banyak zat besi dan protein bisa membantu mengatasi gejala ini.

Tapi, berhati-hatilah. Ini adalah proses yang lamban dan bisa memakan waktu sekitar enam bulan agar kemajuan bisa terlihat.

2. Bisa karena anemia

Kondisi medis tertentu seperti anemia dan penyakit tiroid membuat rambut lebih rapuh dan cenderung pecah.

Jadi, terkadang kerusakan atau perubahan tekstur bisa disebabkan oleh penyakit.

Selalu lebih baik mencari jalan aman daripada menyesal nantinya dan tanyakan kepada dokter apa yang Anda khawatirkan.

3. Ketombe Anda bisa berarti sesuatu

Ya, ketombe memang selalu menyebalkan, tapi hal yang baik tentang ketombe adalah bahwa serpihan putih pada kulit kepala ini tidak berbahaya sama sekali. Ada banyak pilihan bagaimana cara mengendalikannya.

Tapi jika serpihan Anda berwarna kuning, itu bisa jadi cerita yang sama sekali berbeda dan tanda adanya sesuatu yang lebih serius.

4. Kulit kepala Anda yang merah dan mengelupas

Apakah Anda melihat kondisi kulit kepala yang gatal dan tampak seperti area merah meradang merah muda dengan sisik putih yang tebal? Mungkin itu tanda psoriasis.

Meskipun bisa membuat Anda merasa tidak nyaman atau tampaknya tidak sedap dipandang, obat-obatan topikal dan oral bisa membantu Anda mengatasinya.

Seringkali, psoriasis berhubungan dengan penyakit lain seperti penyakit jantung, sindrom metabolik atau bahkan artritis, jadi diet sehat dan rutinitas olahraga harus dijaga jika psoriasis adalah sesuatu yang Anda alami.

5. Hormon Anda mungkin kehabisan makanan

Sama seperti kekurangan vitamin, terkadang perubahan kondisi rambut Anda bisa berhubungan dengan hormon Anda.

Biasanya, ketidakseimbangan hormon pada wanita terjadi pada saat menopause, perimenopause atau kehamilan.

Namun, setiap orang bisa mengalami perubahan hormon dengan beberapa efek samping yang mungkin terjadi.

6. Beberapa obat Anda mungkin akan memengaruhi kondisi

Terkadang, obat tertentu bisa menjelaskan masalah dengan rambut Anda karena ramuan yang bisa berbahaya bagi folikel rambut.

Anda harus meluangkan waktu untuk meneliti obat Anda untuk mengetahui apakah ada kemungkinan rambut rontok, penipisan atau kerusakan bisa menjadi efek samping.

(fny/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds