Menuju Persaingan Dunia, Agus AN: Perbaiki Kualitas SDM

Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang Pencanangan Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Kawasan Timur Indonesia di Hotel Grand Clarion Makassar, Senin (2/10/2017).

Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang Pencanangan Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Kawasan Timur Indonesia di Hotel Grand Clarion Makassar, Senin (2/10/2017).

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu’mang menegaskan bahwa Indonesia harus mampu bersaing dengan negara negara ASEAN, bahkan Asia atau dunia secara keseluruhan karena menurutnya secara demografi yang jumlahnya cukup besar sangat mendukung apabila di sumber daya manusianya dikembangkan dengan baik.

Mantan Ketua DPRD itu menambahkan, bahwa apabila jumlah penduduk Indonesia yang begitu besar jumlahnya dan berkualitas, maka akan pasti kita dapat meningkatkan produkrivitas yang tentunya akan dapat meningkatkan daya saing kita dengan negara lain.

“Secara demografi kita cukup besar jumlahnya, kalau ini kita tingkatkan kualitas SDM mereka, dipastikan Indonesia dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing kita,” kata Agus ketika memberikan sambutan pada acara Pencanangan Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Kawasan Timur Indonesia di Hotel Grand Clarion Makassar, Senin (2/10/2017).

Dia juga berharap kepada pemerintah pusat agar ada pemeretaan penempatan industri di setiap provinsi di wilayah Indonesia berdasarkan potensi bahan baku masing masing provinsi, sehingga industri yang ada di Indonesia tidak terpusat di Pulau Jawa.

Dengan pemerataan seperti ini, menurut Orang nomor dua Sulawesi Selatan itu, akan menjadikan suatu provinsi memiliki daya tarik masing masing, sehingga orang akan datang secara sukarela ke provinsi bersangkutan sesuai daya tarik provinsi yang diinginkan, dan kemudian akan terjadi daya saing untuk meningkatkan produktivitas potensi masing masing provinsi.

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI, Bambang Satrio Lelono membeberkan bahwa tingkat pengangguran secara terbuka di Indonesia di dominasi oleh masyarakat lulusan, SMK, SMA dan Politehnik. Namun dirinya mengakui tidak tahu persis kenapa ketiga lulusan tersebut sulit mendapatkan lapangan pekerjaan.

Padahal menurutnya, Indonesia merupakan negara yang mempunyai potensi yang sangat besar untuk maju karena memliki letak yang strategis, sumber daya alam yang melimpah dan memiliki iklim hanya dua sehingga tanahnya sangat subur.

(rilis/pojoksulsel)



loading...

Feeds