POJOK HOAKS: Ikan Berlafaz Allah, Foto Palsu dari Akun Abal-abal

Informasi serupa disebar oleh akun palsu yang mencatut nama ustad dan penyanyi. (Facebook)

Informasi serupa disebar oleh akun palsu yang mencatut nama ustad dan penyanyi. (Facebook)

POJOKSULSEL.com – Produsen hoax menyasar umat Islam yang jumlahnya besar di Indonesia. Bahkan, mereka menjual nama-nama ulama kondang sebagai tokoh pemantik mendapatkan like dan komentar. Mereka menyebar informasi palsu dengan menjual nama Tuhan. Nauzubillah…

Contohnya foto palsu yang baru-baru ini disebar akun fanpage Ustadz Yusuf Mansyur. Fanpage itu jelas palsu karena akun resmi Yusuf Mansur adalah Yusuf Mansur (Official) dengan username @UstadzYusufMansur.

Fanpage palsu itu menyebar seorang pria berkulit putih menggendong ikan besar dengan lafal Allah. ’’Saya bersumpah akan membagikan ikan kalimat Allah ini. Udah janji ayo tepati…Yang like & komen aamiin semoga rezeki berlimpah seperti kakek ini aamiin..,’’ tulis akun Yusuf Mansyur tersebut.

Sampai saat ini, posting-an palsu yang diunggah pada 18 September 2017 pukul 22.20 itu telah dibagikan 14.867 kali. Sebanyak 34 ribu facebookers (pengguna Facebook) beraksi dengan memencet emoticon, like, wow, dan love. Dalam posting-an itu juga terdapat 5,9 ribu komentar.

Jawa Pos juga menemukan akun yang memakai nama Ustad Wijayanto mengunggah foto yang sama. Fanpage Ustadz Wijayanto (@UstadzWijayanto59) mengunggah foto tersebut pada 19 September 2017 pukul 12.00, atau sehari setelah di-upload akun pencatut nama Ustad Yusuf Mansur.

Selain mencatut nama ustad, posting-an yang sama terdeteksi diunggah fanpage Ayu Ting Ting (@ayutingting46). Fanpage itu jelas Ayu yang tidak ting-ting. Sebab, fanpage resmi biduan dangdut tersebut sudah terverifikasi Facebook (@Ayutingting.tv). Foto ikan hoax diunggah fanpage Ayu Ting Ting pada 19 September 2017 pukul 07.00.

Kuat dugaan pengelola tiga fanpage palsu itu merupakan orang yang sama. Sebab, kalimat yang menyertai foto ikan tersebut sama. Kebanyakan posting-an akun pencatut nama Ustad Yusuf Mansur, Ustad Wijayanto, dan Ayu Ting Ting juga sama.

Nah, foto ikan berlafal Allah itu sebenarnya merupakan hasil olah digital (oldig). Foto yang asli diunggah pengguna Google+ bernama Nipon Ptr pada 19 Maret 2013. Dari penelusuran lewat image.google.com, foto yang asli memang yang diunggah Nipon Ptr. Foto itu juga pernah diunggah situs pemancing profesional, pescaprofesional.net, pada 13 Desember 2009. Di sana disebutkan foto ikan itu merupakan ikan emas hasil tangkapan Peter Kuppens.

’’Peter Kuppens is the new owner of record of the largest tent in the Benelux (Belgium, Netherlands and Luxembourg). The new record was achieved with the capture of a schubkarper of 37,4 pounds (37,400 kg),’’ tulis pescaprofesional.

Menurut situs worldrecordcarp.com, Kuppens mendapatkan ikan itu ketika memancing di Kanal V yang ada di utara Belgia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, tampaknya, harus bertindak untuk menyikapi fenomena itu. Sebagaimana yang diulas Jawa Pos selama ini, fenomena hoax terjadi karena adanya ladang bisnis ternak akun fanpage. Akun-akun yang sering mendapatkan like, komentar, dan share bernilai tinggi jika dijual. Jika hal-hal seperti itu dibiarkan, efeknya bisa menyesatkan masyarakat.

Fakta
Akun penyebar foto ikan editan itu mencatut nama Ustad Yusuf Mansur, Ustad Wijayanto, dan Ayu Ting Ting.

(gun/eko/c19/fat/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds