Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harga IPhone 8

Apple resmi meluncurkan perangkat terbarunya, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. (Reuters)

Apple resmi meluncurkan perangkat terbarunya, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. (Reuters)

POJOKSULSEL.com – Apple resmi meluncurkan perangkat terbarunya, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Senior VP Marketing Apple, Phill Schiller menjelaskan, ada beberapa perubahan desain pada iPhone 8 dan 8 Plus dibanding pendahulunya.

 

“IPhone 8 dan iPhone 8 Plus merupakan generasi baru iPhone yang meningkatkan semua bagian iPhone,” ujarnya saat merilis iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di Steve Jobs Theatre, Cupertino, AS, Rabu (13/9) dinihari WIB atau sekitar Selasa (12/9) siang di Amerika Serikat (AS).

Perbedaan yang paling mencolok yakni pada layarnya. IPhone 8 menggunakan layar 4,7 inci, sedangkan iPhone 8 Plus seluas 5,5 inci. Hal ini sama seperti versi sebelumnya iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Kedua lini iPhone teranyar itu dibalut aluminium level aerospace dengan balutan kaca yang pemrosesan warnanya melewati tujuh lapisan. Ini adalah yang pertama kali di pasaran dan diklaim sebagai kaca pelindung paling awet untuk smartphone.

Urusan dapur pacu, prosesornya mengandalkan A11 Bionic berinti 6 dengan desain 64 bit. Empat intinya lebih cepat 75 persen dibandingkan A10, sementara dua inti lainnya lebih cepat 25 persen ketimbang A10.

“IPhone 8 dan iPhone 8 Plus memiliki desain kaca dan aluminium baru, display Retina HD baru dan A11 Bionic, chip terpintar yang pernah ada di smartphone,” kata Phill.

IPhone 8 dan 8 Plus juga dilengkapi fitur antiair dan antidebu. Duo iPhone 8 ini tetap mengikuti iPhone 7 dengan tidak menyertakan colokan audio standar 3,5 mm dan tombol Home tradisional.

Soal audio, stereo speaker iPhone 8 dan 8 Plus diklaim 25 persen lebih kencang dibandingkan iPhone 7 dan 7 Plus. Bass-nya pun disebut-sebut lebih dalam. Kemudian yang ditingkatkan dari pendahulunya adalah tampilan baru dengan “True Tone” yang mudah beradaptasi dengan warna serta temperatur situasi sekitar.

Fitur Baru Portrait Lighting

Untuk urusan fotografi, iPhone 8 masih betah dengan kamera single 12 megapiksel, sedangkan iPhone 8 Plus, kameranya ganda seperti iPhone 7 Plus. Sensornya berkualitas 12 megapiksel untuk masing-masing kamera dengan bukaan f/1.8 dan f/2.8.

Sebagai peningkatan dari versi terdahulu, ada fitur “Portrait Lighting”. Ini memungkinkan hasil foto portrait lebih tajam layaknya kamera SLR berlensa premium. Baik kamera pada iPhone 8 maupun iPhone 8 Plus secara keseluruhan memiliki sensor baru, piksel lebih dalam, filter warna baru, serta OIS yang lebih mumpuni.

Tak ketinggalan, fitur perekam video pada iPhone 8 dan 8 Plus juga makin keren. Frame rate pada video lebih cepat dengan analisis gerak dan gambar secara real-time sehingga hasilnya lebih mulus. Kemampuannya bisa merekam gambar 4k/60 fps dan slow-motion 1080p/240 fps.

Dukungan Augmented Reality

Selain itu, untuk menambah kecanggihannya, iPhone 8 dan 8 Plus juga sudah mendukung Augmented Reality (AR). Fitur kameranya memiliki kalibarasi khusus untuk AR dengan low-light 60 fps, accelerometer, dan motion tracking yang akurat.

Dengan penambahan fitur tersebut, penggemar game bisa mengandalkan duo peranti pintar ini untuk bermain dengan pengalaman baru yang lebih canggih.

Sementara untuk pemesanan, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mulai bisa diorder pada 15 September dan tersedia di beberapa pasar pada 22 September. Harga untuk iPhone 8 mulai dari USD 699 atau sekitar Rp 9,1 jutaan, sedangkan dan iPhone 8 Plus sekira Rp 10,5 jutaan.

Namun, tentu saja nominal tersebut merupakan harga jual di Amerika Serikat. Jika dijual di Indonesia, ada komponen lain yang membuat harganya bakal berbeda. Terutama, setelah dikenakannya pajak. Sejauh ini belum ada informasi resmi kapan duo iPhone itu bakal masuk Indonesia.

(fab/JPC)



loading...

Feeds