Antisipasi Bencana Alam, Pemkot Parepare-Unhas Sosialisasi Penguatan Kapasitas

pojoksulsel

pojoksulsel

DALAM rangka mengantisipasi bencana alam di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), pemerintah Kota parepare melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang bekerjasama dengan lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin menggelar sosialiasi penguatan kapasitas lembaga.

Kegiatan berlangsung di ruang pola Kantor Walikota Parepare, Rabu(13/9/2017), dan dihadiri oleh seluruh pihak terkait‎ dari organisasi perangkat Daerah (OPD), termasuk Camat/Lurah.

LPPM Unhas, Bustan Azikin mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang penerapan ilmu geologi khusus bidang kebencanaan yang perlu menyentuh masyarakat luas.

“Setelah dilakukan penelitian sebelumnya, terdeteksi Parepare berpotensi terjadi bencana banjir dan longsor, karena itu perlu ada pencegahan atau antisipasi sejak dini, namun sebelumnya harus ada penguatan lembaga seperti ini,”katanya.

Sementara itu, Kepala Badan perencanaan pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare, mewakili Walikota Parepare, HM. Taufan Pawe, Iwan As’ad, mengemukakan, untuk mengantisipasi adanya bencana memang perlu dilakukan penguatan seluruh lembaga terkait, dan melibatkan elemen masyarakat.

“Ya, penguatan kapasitas lembaga perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang dinilai rawan di kota kita,”kata dia.

Seperti yang diketahui, hasil penelitian oleh LPPM‎ Unhas, menyimpulakan ada tiga potensi bencana alam di kota Parepare, yaitu banjir, kebakaran, dan tanah longsor.(sps/pemkotpare/pojoksulsel)‎



loading...

Feeds

Kopel Buka Klinik Antikorupsi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Anggota Komisi Pemantau Legislatif (KOPEL) Indonesia, Syamsuddin berharap, Klinik Anti Korupsi mampu menumbuhkan dan melahirkan kader-kader terbaik …