Jalur Independen Rawan Praktek Politik Uang, Ini Langkah Pencegahan Bawaslu

Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi

Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Tahapan pelaksanaan Pilkada serentak sisa menghitung hari, khusus di Sulsel pelaksanaan Pilkada sejumlah kabupaten/kota juga akan dihelat bersamaan dengan Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Tahapan pendaftaran untuk jalur perseorangan atau independen akan dilakukan terlebih dahulu. Tapi sejumlah pihak menilai jalur perseorangan rawan terjadi politik uang karena kebutuhan KTP. Hal ini juga tidak diabaikan oleh Bawaslu Sulsel.

Kepada PojokSulsel.com, Ketua Bawaslu Sulsel L Arumahi mengatakan, pihaknya menyiapkan langkah pencegahan agar tidak terjadi politik uang.

“Bentuk pengawasan kita awali dengan langkah pencegahan dengan memberikan tahukan kepada masyarakat bahwa mendukung itu adalah hak setiap warga negara yang bersyarat karena itu jangan dicemari hak itu dengan money politic,” jelas Arumahi melalui pesan Whats App, Selasa (12/9/2017).

Lebih lanjut, kata Arumahi, menyosialisasikan kepada masyarakat terkait sanksi yang akan didapatkan oleh masyarakat, jika menerima uang tersebut, dan tentunya sanksi bagi jagoannya.

“Selain akan menodai proses demokrasi juga dilarang oleh UU dan ada ancaman pidananya bagi warga yg menerima dan sanksi administrasi bagi calonnya,” ungkap Arumahi.

Ketua Bawaslu Sulsel ini mengimbau, biarlah Pilkada ini berjalan lancar juga sebagai pendidikan politik bagi masyarakat Sulsel secara luas, serta ia mengharapkan para bakal calon gubernur menaati aturan yang telah ditetapkan oleh KPU.

“Berapa jumlah KTP sebagai syarat pencalonan sudah ditetapkan oleh KPU provinsi untuk Pilgub dan KPU kabupaten/kota?. Panwas tentu akan mengawasi saat pemberian dukungan karena di situ ada potensi money politic dan saat verifikasi faktual yang dilakukan jajaran KPU di bawah,” tutup Ketua Bawaslu Sulsel L Arumahi.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Dewi Sanca, haters Dewi Sanca

Serang Haters, Dewi Sanca Sehat?

POJOKSULSEL.com – Pedangdut Dewi Sanca kembali menjadi bulan-bulanan netizen di media sosial. Tak tahan dengan cibiran haters, Dewi Sanca pun …
bapak perkosa anak, video seks bapak dan anak, live streaming video seks bapak dan anak, ayah perkosa anak kandung, ayah perkosa anak, video seks

5 Tips Membangunkan Libido Pasangan

POJOKSULSEL.com – Menurut para pakar, pria lebih condong bertindak sebagai inisiator ketika mood untuk itu datang, khususnya bicara soal berhubungan …