Badai Maring Terjang Filipina, 3 Tewas, 6 Hilang

Badai Maring melanda ibu kota Filipina, Manila Selasa (12/9/2017) Foto: (The Watchers)

Badai Maring melanda ibu kota Filipina, Manila Selasa (12/9/2017) Foto: (The Watchers)

POJOKSULSEL.com, MANILA – Badai besar disertai banjir melanda Ibu Kota Filipina, Selasa (12/9/2017), menewaskan tiga orang dan enam lainnya hilang.

Badai yang diberi nama “maring” itu menghantam kota Mauban di timur Filipina, sebelum bergerak ke barat laut, melintasi Pulau Luzon, dan melewati pinggiran Manila.

Sebagian korban tewas dan hilang adalah mereka yang bermukim di “zona bahaya”.

Perwira Pertahanan Sipil Ronnie Mateo, mengatakan kepada AFP bahwa pemerintah telah mengeluarkan peringatan.

“Otoritas lokal kami terus memperingatkan bahwa tempat tersebut benar-benar rentan terhadap tanah longsor, namun mereka bersikeras untuk tinggal.”

Di Kota Calamba, di selatan Manila, banjir bandang menyapu sebuah pondok di tepi sungai. Peristiwa ini menyebabkan enam orang, termasuk seorang anak berusia dua tahun hilang.

“Mereka adalah pemukim informal, tinggal di bantaran sungai, saat banjir bandang datang rumah dua lantai itu pun tersapu,” kata Noriel Habana, Kepala Kantor Manajemen Bencana Kota.

“Kami melakukan evakuasi antisipasi. Kebetulan terjadi banjir bandang, dan mereka tidak punya waktu untuk bereaksi,” kata dia.

Mark Timbal, Juru bicara Dewan Pengurangan dan Pengurangan Resiko Bencana Nasional, mengatakan pemerintah daerah telah memerintahkan evakuasi penduduk dari daerah dataran rendah, pesisir, dan wilayah rawan longsor.

Pulau-pulau di Filipina kerap menjadi daratan utama pertama yang terkena badai di atas Samudra Pasifik, sehingga sering merenggut korban jiwa

Dalam salah satu insiden terburuk baru-baru ini, 7.350 orang meninggal atau hilang setelah topan Haiyan melanda Filipina tengah pada bulan November 2013.

(mia/pojoksatu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

firza husein, selebriti, kasus firza husein, foto hot firza husein, habib rizieq, firza husein dan habib rizieq, kasus pornografi firza husein, foto mesum firza husein, chat mesum habib rizieq

Habib Rizieq Pulang Besok?

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) dikabarkan akan pulang ke Indonesia besok, Jumat (22/9/2017). Namun, hal itu …