Alami Vertigo? Baca Ini Dulu

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Riwayat penyakit vertigo, kini bukan menjadi milik orang tua saja. Anak muda kepala 2 banyak yang datang ke dokter karena merasa heran dengan vertigo yang menyerang.

Menurut spesialis saraf dr Yanna Saelan SpS, anak muda biasanya terkena vertigo jenis perifer. Vertigo yang masih tergolong jinak ini mempunyai penyebab yang sama dengan banyak penderita vertigo usia muda lainnya.

Penyebabnya bisa karena seseorang yang berusia muda seperti memforsir diri mereka, kurang istirahat, leher yang kaku karena postur tubuh yang salah ketika beraktivitas. Dan tidak dimungkiri, kita memang semakin mudah menemui seseorang usia muda yang mempunyai perilaku seperti itu.

Padahal ketika seseorang memorsir tubuhnya hingga kurang istirahat, akan membuat seseorang tersebut menjadi rawan stres. Sedangkan ketika stress, pikiran akan semakin tegang. Hal tersebut mengacaukan sistem dalam tubuh. ’’Banyak juga kasus karena seseorang punya silinder tapi nggak mau pakai kacamata,’’ ungkapnya.

Bahkan, pasien vertigo lebih didominasi perempuan. Yanna mengatakan selama ini perempuan memang lebih rentan untuk memperoleh pemicu vertigo daripada laki-laki. ’’Penderita diabetes, hipertensi, dan seseorang yang berusia tua punya faktor risiko lebih untuk penyakit ini,’’ imbuhnya.

Untuk diketahui, bila mempunyai sebagian faktor risiko dan mempunyai gejala vertigo, Yanna menyarankan agar pasien melakukan pemeriksaan MRI. hal tersebut untuk melakukan deteksi dini. Siapa tahu vertigo bisa jadi gejala tumor otak atau penyakit lainnya. ’’Yang penting, ditengah kesibukan, sempatkan beristirahat. Idealnya kalau usia muda itu minimal delapan jam perhari,’’ tegasnya.

(ina/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Kopel Buka Klinik Antikorupsi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Anggota Komisi Pemantau Legislatif (KOPEL) Indonesia, Syamsuddin berharap, Klinik Anti Korupsi mampu menumbuhkan dan melahirkan kader-kader terbaik …