Hadiri Forum Pembauran Kebangsaan, Ini Kata Bupati Luwu Timur

FORUM Pembauran Kebangsaan menggelar rapat koordinasi dengan mengusung tema “Membangun Kerjasama Dan Kebersamaan Dalam Kebhinekaan Serta mengantisipasi dan Mencegah Potensi Munculnya Konflik”.

Rapat koordinasi selama satu hari tersebut diikuti dari unsur TNI, Polri, Camat, Kepala Desa/Lurah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kader Bela Negara dan Ormas kemasyarakatan se-Kabupaten Luwu Timur.

Hadir dalam Rakor tersebut Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Muh Thorig Husler dan Irwan Bahri Syam, Anggota DPRD Luwu Timur, HM. Sarkawi A. Hamid, Wakapolres Luwu Timur, Kompol Sunardjo, Pabung, Mayor Inf. Simon Marthes, Kepala OPD, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler meminta Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) tanggap dalam membaca situasi dan kondisi sosial sehingga gesekan yang berpotensi konflik di tengah masyarakat yang heterogen dapat diantisipasi secara dini.

“FPK adalah perekat dan wadah untuk menyelesaikan atau membahas berbagai persoalan sosial kemasyarakatan, harus tanggap dan peka mengamati lingkungan agar keharmonisan yang terjalin selama ini tidak terganggu dengan gesekan-gesekan di tengah warga,” ucap Husler saat membuka Rapat Koordinasi FPK Kabupaten Luwu Timur di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Rabu (6/9/2017).

Luwu Tmur yang berada di perbatasan Sulawesi Tengah dan Tenggara, dengan masyarakatnya yang heterogen memiliki tantangan dan ancaman. FPK diharapkan mampu mengelola tantangan dan ancaman itu sebagai perekat kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Jadi, intinya jangan biarkan gesekan sekecil apapun. Tanggapi dengan serius dengan melakukan upaya perdamaian,” tutupnya.

Anggota DPRD Sarkawi menyebut, Luwu Timur sebagai Indonesia mini dengan beragam suku bangsa dan agama sehingga perbedaan ini bisa saja menimbulkan konflik. Oleh karena itu, DPRD ikut berperan dalam penanganan konflik.

“DPRD selalu mengupayakan dialog dalam menghadapi masalah yang timbul, membahas aspirasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.” ungkap Legislator Gerindra itu.

(tommy setiawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Kopel Buka Klinik Antikorupsi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Anggota Komisi Pemantau Legislatif (KOPEL) Indonesia, Syamsuddin berharap, Klinik Anti Korupsi mampu menumbuhkan dan melahirkan kader-kader terbaik …