Idris Syukur Diberhentikan, Suardi Saleh Jadi Bupati Barru Definitif

Suardi Saleh

Suardi Saleh

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pasca keluarnya surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tertanggal 21 Agustus, terkait pemberhentian Andi Idris Syukur sebagai Bupati Barru, Pemprov Sulsel kembali mengajukan surat ke Mendagri untuk melantik Wakil Bupati Barru Suardi Saleh, yang selama ini menjabat Pelaksana Tugas (Plt) menjadi Bupati Barru definitif.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulsel Abdul Latif mengatakan surat pengajuan pelantikan Plt Bupati Barru menjadi Bupati Barru sedang berproses.

 

“Proses kita adalah proses pengajuan Plt Bupati menjadi Bupati. Itu proses yang sedang jalan,” kata Abdul Latif.

Dikatakan Abdul Latif, apabila surat tersebut disetujui oleh Mendagri, Plt Bupati Barru akan dilantik menjadi Bupati.

Proses pelantikan akan berlangsung di ibukota Provinsi Sulsel, yakni Kota Makassar. Namun serah terima jabatan tetap akan dilangsungkan di Kabupaten Barru.

“Tapi ini masih by proses ya,” kata Abdul Latif.

Diketahui, Andi Idris Syukur telah divonis 4,5 tahun oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Makassar, terkait kasus dugaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), terkait pemberian proses izin eksplorasi tambang batu gamping di Barru berupa 1 unit mobil Pajero Sport.

Andi Idris Syukur lalu mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Sulsel dan divonis bebas murni.

Tetapi Mahkamah Agung (MA) mengabulkan proses kasasi Kejari Barru terkait kasus yang menjerat Andi Idris Syukur pada 27 April 2017 lalu.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

danny-indira

SAH! Demokrat Usung Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – DPP Partai Demokrat telah memutuskan kandidat usungan di Pilkada Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan 2018 mendatang. Pengambilan …