Kanal Mawang Gowa Jadi Pilot Project Kotaku

POJOKSULSEL.com, GOWA – Kanal yang membentang di tengah pemukiman Kelurahan Mawang, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa menjadi pilot project program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Gowa.

Dijadkannya Kanal Mawang sebagai pilot project program Kotaku karena respons positif masyarakat bersama pemerintah Keluarahan, dalam menata Kanal Mawang sehingga tampak bersih dan indah.

 

Koordinator Kotaku Gowa Nurliah Ruma mengatakan, awalnya program Kotaku Kabupaten Gowa hanya membangun jembatan penyebrangan untuk masyarakat di Kanal Mawang. Tetapi masyarakat justru tertarik menata Kanal Mawang.

Masyarakat yang tergabung dalam Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Dami Mawang, dan Karang Taruna Mawang menyepakati melakukan swadaya untuk bergotong royong membersihkan Kanal Mawang.

Aktivitas pembersihan Kanal Mawang mulai dilakukan sejak sebulan terakhir. Dengan melibatkan Karang Taruna untuk mengecat dinding Rumah warga, yang berbatasan langsung dengan sungai.

“Karang Taruna Mawang begitu cepat bergerak. Mereka punya konsep yang inovatif menata Kanal Mawang,” kata Nurliah Ruma.

Lanjut Nurliah Ruma, BKM Damai Mawang bersama Karang Taruna bergotong royong mengecat dan menggambar panorama di dinding warga. Sehingga membuat daerah sekitar Kanal Mawang tampak indah dan sejuk. Lingkungan ini didukung juga dengan banyaknya pohonyabg tumbuh di pinggir Kanal Mawang.

Para pemuda juga menulis berbagai imbauan terkait larangan membuang sampah di Kanal. Paradigma ini, kata Nurliah Ruma, telah menjadi percontohan di Kabupaten Gowa.

Program Kotaku, kata Nurliah Ruma, memang berorientasi pada problem solving di masyarakat, di sela-sela pembangunan fisik. Dari situ, masyarakat Mawang merespons secara positif ide-ide yang durusmuskan bersama.

Saat ini, Kanal Mawang terus dalam pembenahan. Terutama menjaga kebersihan Kanal dan keasrian lingkungan sekitar Kanal Mawang.

Untuk target jangka panjang, Kanal Mawang dapat menjadi tempat wisata baru di Kabupaten Gowa. Dengan memanfaatkan, keindahan dan kesejukan di lingkungan Kanal Mawang, Nurliah Ruma berencana mengajak masyarakat membangun warung dan tempat peristirahatan bagi pengunjung.

Bahkan, pihaknya tengah mewacanakan budidaya ikan di Kanal Mawang. Konsep ini harus dibicarakan dengan berbagai pihak. Termasuk persoalan debit air Kanal Mawang yang harus terus terjaga.

Nurliah Ruma menyebutkan, penataan Kanal Mawang mulai diikuti sejumlah warga lainnya. Misalnya, penataan Kanal Bonto-Bontoa dan Kanal Kalegowa di Kecamatan Sombaopu.

“Dua Kanal ini akan dikonsep seperti yang telah dilakukan masyarakat Mawang,” ujar Nurliah Ruma.

Dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) pun mulai diperlihatkan terhadap penataan Kanal Mawang dan Kanal Bonto-Bontoa serta Kanal Kalegowa.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Victor Igbonefo psm makassar

PSM Makassar Incar Victor Igbonefo

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- PSM Makassar memulai memanaskan perburuan pemain menghadapi Liga musim 2018. Selain mencari striker berpaspor Asia, tim berjuluk Ayam …
deklarasi danny-indira

Ada Obama di Deklarasi Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bahar Ngitung (Obama) yang baru saja dilantik sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan bakal calon Gubernur Sulsel 2018, …

Golkar Resmi Usung Ibu Menteri

POJOJSULSEL.com – Partai Golkar resmi mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan ‎Bupati Trenggalek Emil Dardak, dalam Pilgub Jawa …
golkar maros, golkar sulsel, musda golkar maros, calon ketua golkar maros, ketua golkar maros, kandidat ketua golkar maros

Kader Muda: Golkar Kalah dari Setnov

POJOKSULSEL.com – Inisiator Generasi Muda Partai Golkar Mirwan Bz Vauly mengatakan, hasil pleno DPP PG menunjukkan bahwa partai berlambang pohon beringin itu …