Kanal Mawang Bersih, Kotaku Wacanakan Jadi Tempat Wisata

Warga melintas di pinggir Kanal Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulsel yang terlihat bersih dan indah. Pemkab Gowa gencar sosialisasi dan mewujudkan Program Kotaku. | POJOKSULSEL - MUH FADLY

Warga melintas di pinggir Kanal Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulsel yang terlihat bersih dan indah. Pemkab Gowa gencar sosialisasi dan mewujudkan Program Kotaku. | POJOKSULSEL - MUH FADLY

POJOKSULSEL.com, GOWA – Warga Kelurahan Mawang, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) ramai-ramai membersihkan kanal irigasi di pemukiman warga sejak dua bulan terakhir.

Kondisi Kanal Mawang saat ini memang sudah terlihat bersih dan tertata dengan baik. Kanal yang membentang di belakang rumah warga tersebut tampak hidup dengan lukisan-lukisan bertema alam, serta imbaun untuk tidak membuang sampah ke kanal.

Kanal irigasi yang dulunya penuh sampah dan ditumbuhi rerumputan, kini sudah tampak bersih dan terlihat indah. Pembersihan kanal Mawang ini berawal dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kabupaten Gowa, membangun jembatan penyeberangan di kanal Mawang.

Tetapi, melihat adanya potensi besar di kanal Mawang sehingga Koordinator Kotaku Gowa Nurliah Ruma mencoba berdiskusi dengan warga, Karang Taruna dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Damai Mawang.

Hasil diskusi dengan berbagai kalangan tersebut disepakati untuk mengelola kanal Mawang menjadi tempat wisata sebagai program jangka panjang.

Nurliah Ruma mengatakan, pasca diskusi tersebut, masyarakat bersama Karang Taruna dan BKM Damai Mawang mulai membersihkan sampah dan rumput yang tumbuh di pinggir Kanal.

Selain itu, penataan dinding ruang warga yang berbatasan langsung dengan Kanal Mawang diserahkan kepada pemuda Karang Taruna Keluarahan Mawang.

“Kreatifitas lukisan dibangun dari kreatifitas anak muda. Ketika anak muda diberikan peranan ini mereka punya kapasitas dan konsep yang bisa dikembangkan,” kata Nurliah Ruma.

Nurliah Ruma menyebutkan, pembersihan dan penataan kanal Mawang ini bersumber dari swadaya masyarakat. Tumbuh kembangnya kesadaran masyarakat ini menjadi modal besar mengubah kanal Mawang menjadi tempat wisata.



loading...

Feeds

firza husein, selebriti, kasus firza husein, foto hot firza husein, habib rizieq, firza husein dan habib rizieq, kasus pornografi firza husein, foto mesum firza husein, chat mesum habib rizieq

Habib Rizieq Pulang Besok?

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) dikabarkan akan pulang ke Indonesia besok, Jumat (22/9/2017). Namun, hal itu …