Ternyata Ini Penyebab Lutim Gagal Raih Adipura 2 Tahun Terakhir

Banggar DPRD Lutim, Herdinang | POJOKSULSEL - TOMMY SETIAWAN

Banggar DPRD Lutim, Herdinang | POJOKSULSEL - TOMMY SETIAWAN

POJOKSULSEL.com, LUWU TIMUR – Kegagalan Kabupaten Luwu Timur (Lutim) meraih adipura karena adanya indikator yang tak terpenuhi yang menjadi penilaian tim dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH).

Pelapor Banggar DPRD Lutim, Herdinang mempertanyakan alasan kegagalan tersebut pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lutim.

 

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan Askar mengatakan, kriteria yang tidak dipenuhi, yakni seperti adanya kriteria penilaian adipura berubah atau lebih ditekankan pada keterlibatan masyarakat dalam kebersihan.

Selain itu, passing grade juga bertambah serta Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) masih dalam pembenahan dan baru dimulai tahun 2016 dari sistem open dumping ke control landfill atau sistem pembuangan yang lebih berkembang.

Askar juga mengatakan penilaian passing grade dari tahun ke tahun makin kompleks. Walaupun kota Malili jadi objek penilaian, namun kecamatan lain juga turut dilihat. Selain itu, kebakaran hutan dan lahan juga menjadi salah satu faktornya.

“Semakin banyak kebakaran hutan dan lahan di daerah, maka nilainya semakin turun,” Ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Herdinang menilai Lutim akan susah meraih adipura. Sarannya agar pemkab jangan lagi mengejar adipura.

“Jika dilanjutkan, maka kesannya akan menghabiskan anggaran saja,” Sarannya.

Askar pernah menjabat kepala Bapedalda Pemkab Lutim, tahun 2016, dirinya mengalami masa sulit ketika Lutim gagal untuk kali pertamanya meraih Piala Adipura.

Tahun 2017, Bapedalda berganti nama menjadi Dinas Lingkungan Hidup dengan Andi Tabacina Akhmad sebagai kepala dinasnya.

Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Lingkungan Hidup mengumumkan daerah peraih Adipura se-Indonesia.

Di Sulsel ada enam daerah yang berhasil adipura, yakni Makassar, Maros, Pinrang, Bantaeng, Sidrap dan Wajo. Lutim tercatat dua kali gagal raih adipura, yakni tahun 2016 dan 2017.

(tommy setiawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds

video umi pipik

Video Umi Pipik Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com – Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik banyak dibicarakan setelah isu pernikahannya dengan Sunu eks Matta band. …
Sylvano Comvalius

Bali United Lepas Sylvano Comvalius

POJOKSULSEL.com – Bali United dikabarkan melepas mesin golnya, Sylvano Comvalius, musim depan. Kabar putusnya kontra pencetak gol terbanyak di Liga …
lurah jagong pangkep

Lurah Pangkep Potong Insentif RW?

POJOSKSULSEL.com, PANGKEP – Diisukan potong insentif RW oleh warganya, Lurang Jagong Kabupaten Pangkep, Restu Alamsyah, membantah tudingan yang dialamatkan padanya …