Dokter Praktik tanpa STR Adalah Tindak Pidana, Cek di Sini

Ilustrasi

Ilustrasi

INI peringatan bagi para dokter yang praktik tanpa memiliki surat tanda registrasi (STR).

Menurut Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Prof Bambang Supriyatno, setiap dokter harus memiliki STR.

Bagi dokter yang bekerja tanpa STR sama halnya melakukan perbuatan tindak pidana.

“Jika dokter tidak ada STR itu tindakan pidana. Tapi pidana di sini bukan berarti penjara melainkan denda,” kata Prof Bambang dalam pernyataan persnya, Senin (21/8/2017).

Bambang menjelaskan, jika ada perusahaan atau rumah sakit yang mempekerjakan dokter tanpa STR, maka rumah sakit tersebut bisa saja ditutup.

“Yang mempekerjakannya juga didenda misalkan siapa yang bertanggung jawab mempekerjakannya. Misalkan direktur itu didenda kurang lebih Rp 100-300 juta,” terangnya.

Untuk mengecek seorang dokter memiliki STR atau tidak, lanjut Bambang, sangat mudah. Masyarakat bisa langsung mengeceknya di situs www.kki.go.id.

“Klik nama dokter dengan benar. Jika nama benar tidak keluar, berarti tidak ada STR,” tegasnya.

KKI mengimplementasikan pengembangan sistem aplikasi pelayanan STR dan Sertifikat Kelayakan Praktik Kedokteran (Certificate of Good Standing) terintegrasi dengan sistem pembayaran online (Simponi).

Semua ini dilakukan untuk mewujudkan harapan masyarakat terhadap transparansi penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih, terutama terkait penerbitan STR dan CoG.

(esy/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds

maros, knpi maros, musda knpi maros, calon ketua knpi maros, ketua knpi maros, pemilihan ketua knpi maros

Inilah 6 Calon Ketua KNPI Maros

POJOKSULSEL.com MAROS – Enam orang bakal calon ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maros, secara resmi ditetapkan sebagai calon ketua …
pilgub sulsel, pilgub sulsel 2018, survei Poltracking, survei pilgub sulsel, nurdin abdullah, na pilgub sulsel, pilgub sulsel na, survei nurdin abdullah, survei na

PAN Merapat ke NA, Ini Kata Andi Rio

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN) kabarnya berada di barisan bakal calon gubernur Sulsel Prof Dr Nurdin Abdullah …

Kopel Buka Klinik Antikorupsi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Anggota Komisi Pemantau Legislatif (KOPEL) Indonesia, Syamsuddin berharap, Klinik Anti Korupsi mampu menumbuhkan dan melahirkan kader-kader terbaik …