Nurdìn Abdullah Jadi Rule Model Pemimpin Nasional

Bupati Bantaeng Prof Dr Nurdin Abdullah

Bupati Bantaeng Prof Dr Nurdin Abdullah

UNIVERSITAS Indonesia bekerja sama dengan Japan International Coorperation Agency (JICA) melakukan penelitian tentang kepemimpinan Bupati Bantaeng Prof HM Nurdin Abdullah (NA) untuk dijadikan rule model sistem birokrasi di seluruh pemerintahan daerah secara nasional.

Sebanyak enam orang anggota tim peneliti yang dipimpin guru besar Universitas Indonesia Prof Eko Praharjo sedang mengumpul data tentang kesuksesan Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah dalam membangun birokrasi.

Prof Eko Praharjo adalah guru besar UI yang pernah menjabat Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan.Reformasi Birokrasi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tahun 2016, tim dari UI di bawah kendali Prof Hamdi Muluk, juga melakukan penelitian di Bantaeng. Mereka meneliri revolusi mental dan hasilnya tertuang dalam buku, “Revolusi Mental, Belajar dari Bantaeng”.

Hasil penelitian tim yang dipimpin Prof Hamdi Muluk akan diaplikasikan dalam sistem pemerintahan secara nasional.

Hasil penelitian yang dilakukan tim Prof Eko juga akan dijadikan rule model sistem pemerintahan dan birokrasi di Indonesia dan oleh JICA diaplikasi jadi model di Asia tenggara (Asean).

Ada dua variabel yang mereka teliti, yakni sistem pelayanan publik dan inovasi birokrasi.

Nurdin Abdullah di depan tim termasuk Zuliansyah P Zulkarnain mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bantaeng kecil. Tetai berbagai inovasi dilakukan untuk meningkatkan anggaran dengan memanfaatkan potensi yang ada.

“Anggaran kita bisa dinaikkan karena potensi ada. Kita bangun Bantaeng melalui regionalisasi berdasarkan potensi. Saya dan tim bangun kawasan pariwisata Pantai Marina, bangun Kawasan Seruni, bangun rumah sakit, bangun kawasan pertanian. Semuanya tersistem dan terintegrasi dilakukan secara bersama-sama. Oleh tim,” jelas Nurdin Abdullah kepada enam orang tim Prof Eko yang menggali informasi kepadanya.

Menurut Nurdin Abdullah, Indonesia yang berkelanjutan harus dibangun berdasarkan kawasan. “Di timur kita bangun pertanian dan perikanan. Di bagian tengah kita bangun industri, dan bagian barat dibangun perkebunan.



loading...

Feeds

Munafri Arifuddin

3 Strategi Gerindra Menangkan Appi-Cicu

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Makassar Hendrik Horas membeberkan, strategi pemenangan Partai Gerindra untuk …
deklarasi pilkada damai sulsel

Sulsel Jadi Rujukan Pilkada Damai

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sulawesi Selatan menjadi pusat kampanye Pilkada Damai yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum RI. Kegiatan ini digelar …