Makin Runcing, Rivalitas Prabowo dan Jokowi

Presiden Jokowi berkuda bersama degan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Senin (31/10/2016). | JPG

Presiden Jokowi berkuda bersama degan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Senin (31/10/2016). | JPG

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, mengomentari soal ketidakhadiran Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto pada sidang tahunan DPR, DPD dan MPR bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu kemarin.

Pun ketika peringatan di Istana Negara hari ini (17/8), Prabowo urung hadir.

Ujang Komarudin menilai, ketidakhadiran Prabowo tersebut menyiratkan bahwa semakin meruncingnya rivalitas keduanya jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

“Saya melihat, Prabowo semakin mempertegas posisinya untuk melawan Jokowi di Pilpres nanti,” kata Ujang di Jakarta, Kamis (17/8).

Sebelumnya, Prabowo juga mendatangi SBY di Cikeas beberapa waktu lalu yang secara simbolis bisa dikatakan membentuk poros baru untuk Pilpres 2019 nanti.

Ujang mengatakan, hal itu juga terlihat dengan diselenggarakannya upacara Peringatan HUT RI di Universitas Bung Karno, yang dipimpin langsung oleh Prabowo.‎

Prabowo lebih memilih datang ke Universitas Bung Karno ketimbang di Istana Negara.

“Jadi secara politik, hal itu bisa dibaca sebagai simbol perlawanan secara politik,” ujar pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ini.

Ujang juga menuturkan, sebagai tokoh bangsa dan tokoh nasional yang merupakan lawan Jokowi dalam Pilpres 2019 nanti, semestinya Prabowo hadir dalam sidang bersama tahunan kemarin.

“Kehadiran Prabowo penting, untuk menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa kenegarawanan para tokoh bangsa seperti dirinya, tidak diragukan lagi,” ujarnya.

Untuk itu, menurut Ujang, akan lebih indah dan harmonis jika seluruh tokoh bangsa seperti Prabowo hadir.

“Akan terlihat indah kalau seluruh tokoh bangsa hadir kemarin, minimal bisa menyejukkan mata masyarakat melihat simbol kebersamaan dan persatuan dari mereka,” tutup Ujang. (JPC)



loading...

Feeds

maros, knpi maros, musda knpi maros, calon ketua knpi maros, ketua knpi maros, pemilihan ketua knpi maros

Inilah 6 Calon Ketua KNPI Maros

POJOKSULSEL.com MAROS – Enam orang bakal calon ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maros, secara resmi ditetapkan sebagai calon ketua …
pilgub sulsel, pilgub sulsel 2018, survei Poltracking, survei pilgub sulsel, nurdin abdullah, na pilgub sulsel, pilgub sulsel na, survei nurdin abdullah, survei na

PAN Merapat ke NA, Ini Kata Andi Rio

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN) kabarnya berada di barisan bakal calon gubernur Sulsel Prof Dr Nurdin Abdullah …

Kopel Buka Klinik Antikorupsi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Anggota Komisi Pemantau Legislatif (KOPEL) Indonesia, Syamsuddin berharap, Klinik Anti Korupsi mampu menumbuhkan dan melahirkan kader-kader terbaik …