Seminar IKA Kimia Unhas, Menjaring Laba dari Laut

Ilustrasi

Ilustrasi

SEMBURAT matahari siang, Jumat (11/8/2017), perlahan bergeser di pukul 14.00 WITA. Pada sebuah ruang yang sejuk, lagi memesona dalam belaian pendingin ruang Lecture Theatre 5 (LT5) Fakultas Kedokteran di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Tamalanrea, berlangsung Kuliah Umum. Seminar Singkat Toward an Applied Research “From Marine to Etalase” tersaji.

Peneliti Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan. Dr. Ellya Sinurat dihadirkan. Ditemani Febby, Sales Supervisor dari PT. Indonesia Marine Cosmotech. Kedua narasumber bersinergi memperkenalkan sejumlah temuan riset hingga pemanfaatan produk hasil laut.

Berbagai capaian yang dipaparkan, menempatkan lembaga tempat Dr. Ellya bernaung sebagai lembaga paling produktif di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Melalui riset yang panjang, sumber-sumber aktif di laut telah mampu menghasilkan daya saing produk unggulan. Adalah pengakuan Dr. Ellya, dengan penerapan bioteknologi, upaya pengembangan terus dilakukan.

Kegigihan dan dedikasi tim peneliti Litbang KKP ini, membuat salah satu produk mereka akan diikutkan dalam lomba berskala internasional.
Potensi bahan aktif laut sangat terbuka, salah satu yang dipaparkan Dr. Ellya yakni rumput laut.

Sebagai unit Litbang di bawah KKP, membuktikan dunia riset bisa menjadi basis komoditas unggulan bahkan mampu menjaring laba.
Salah satu produk unggulan KKP yang diurai Dr. Ellya yakni fukoidan. Dari hasil penelitian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan kelautan dan Perikanan (Balitbang KP), jenis rumput laut coklat mengandung fukoidan.

Fukoidan adalah satu jenis polisakarida yang terikat oleh sulfat dan menjadi sang primadona polisakarida sulfat dari rumput laut coklat. Meski ditemukan dalam kandungan tertinggi, fukoidan juga didapatkan dari hewan vertebrata seperti teripang.

Di kesempatan kedua, Febby dari PT. Indonesia Marine Cosmotech (IMC) berani mengambil Teripang sebagai produk yang brand andalan. Sama beraninya ketika perusahaan ini mengambil resiko memasarkan produk kosmetik yang sejak awal dikuasai Malaysia. Ya, kini produk bernama Gamat telah menunjukkan citadiri NKRI.

Tampil dikesempatan kedua, Febby tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memasarkan produk kosmetik yang menjadi unggulan PT. IMC. Pemanfaatan produk hasil laut Indonesia dibuktikan dengan capaian perusahaan ini. Sinergitas hasil riset dan produk pemanfaatan hasil laut memberi implikasi dalam bisnis.

Sebuah Secuil harapan di kuliah umum kali ini, ke depan fukoidan ataupun teripang, diharapkan mampu menjadi berkotribusi bagi industri baru di Indonesia. Lewat celah seminar yang singkat yang dihelat IKAKIMIA Unhas bisa mengambil asupan pengetahuan rumput laut, bisnis yang menorehkan hasil, dan juga inspirasi bagi calon entrepreneur akan bermunculan. Semoga.

Citizen Reporter:
Wahyudin Junus



loading...

Feeds