Sektor Pariwisata Harus Jadi Prioritas

Danau Matano

Danau Matano

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sektor pariwisata harus segera diperhatikan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) unggulan, selain sektor pertanian dan pertambangan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi II DPRD Luwu Timur, Iwan Usman kepada wartawan di Sorowako. Minggu (13/8/2017).

 

Iwan berpandangan bahwa pariwisata dapat memberikan multipliers effect pada daerah yang cukup besar dan tidak mengenal kata resesi.

Ia mencontohkan wisata pasar subuh Danau Matano, di Sorowako, Kecamatan Nuha yang memberi peluang usaha bagi warga sekitar untuk berjualan. Warga terlihat ramai-ramai menggelar pasar subuh disekitar danau, buka mulai 05.30 hingga 09.00 wita.

“Tahun ini diharapkan menjadi tahunnya pemerintah mengambil langkah konkret mengenai penataan pemukiman penduduk sepanjang pesisir danau matano, dan harus tegas, namun beradap dan humanis,” harap legislator Nasdem itu.

Lanjutnya, melihat daerah wisata Bali dan Banyuwangi. Sektor pariwisata menjadi hal vital bagi daerahnya dan menjadi trigger bagi sektor lain untuk bergerak bersama.

“Pariwisata diharapkan menjadi lokomotif penggerak. bila pariwisata baik maka dipastikan daerah tersebut infrastruktur perhubungannya menjadi baik, sektor UKM berkembang, lingkungan juga akan terjaga kebersihan dan keindahannya, masyarakatnya ramah dan tertib serta lingkungannya aman,” paparnya.

(tommy setiawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds