Ini Tujuan PSSI Gunakan Wasit Asing di Liga 1

Sekjen PSSI Ratu Tisha. Foto: INT

Sekjen PSSI Ratu Tisha. Foto: INT

PSSI menegaskan kalau kedatangan wasit asing bukan buat jajah sepak bola Indonesia. Hal ini dilakukan untuk beri edukasi buat wasit lokal.

Sejak dua pekan di Liga 1, wasit asing memang sudah memimpin laga. Teranyar di laga Persija Jakarta vs Persiba Balikpapan.

PSSI sendiri jelas punya tujuan dengan kedatangan pengadil import. Selain untuk menambah kualitas sepak bola Indonesia, wasit asing diharapkan bisa tularkan ilmu ke lokal.

“Kedatangan wasit asing bukan buat jajah Indonesia. Ini kami lagi jalankan program jangka panjang yang punya visi demi sepak bola Indonesia yang tak sekedar datengin aja orang asing. No! saya jamin itu,” ungkap Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Nah, salah satu program jangka panjang itu adalah pertukaran wasit. Lalu, di sela-sela mereka bertugas, lanjut dia, dua kali melakukan perteuan dengan lima wasit lokal.

“Satu kali pertemuan ada 5 orang, diskusi kecil, sharing knowladge untuk bisa membedakan putusan mana yang tak bisa dijalankan karena terbentur kultur,” papar dia.

Jadi, menurutnya selalu ada tukar pikiran. Wasit asing akan cerita pengalamannya selama di luar negeri.

“Jadi ada tukar pikiran dan cukup baik, saya lebih fokus ke itunya dibanding pertandingan. Misal, kita ambil video pertandingan dan untuk dipelajari di diskusi, ini lho waktu pertandingan. Kalo pertandingannya biar PT Liga aja yang komentar,” tandas dia.

(ies/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds