Dua Gubernur Ini Dibekali Senjata Api, Baca Alasannya…

Ilustrasi

Ilustrasi

PANGDAM IX Udayana Mayjen TNI Komarudin Simanjuntak menggelar penyerahan senjata api (senpi) kepada Gubernur Bali, NTB dan NTT di Ruang Shtanayudha Kodam IX Udayana kemarin (10/8) sekitar pukul 13.00.

“Penyerahan senjata api yang berupa pistol ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan dari panglima TNI kepada para gubernur setelah mengikuti rangkaian kegiatan pembekalan, latihan dan pembaretan saat latihan PPRD TNI tahun 2017 di Natuna lalu,” terangnya.

Pihaknya meyampaikan bahwa tujuan diserahkannya senjata api ini agar digunakan untuk menjaga keamanan dan melindungi diri. Para gubernur selaku pemimpin atau panglima tertinggi di daerah dari segala bentuk gangguan yang mengancam jiwa dan raga saat bertugas.

Terkait izin kepemilikan senpi tersebut untuk pengamanan dan melindungi diri hanya diberikan kepada pejabat tertentu sesuai PErpu nomor 20 tahun 1960 tentang kewenangan perizinan. Senjata tersebut diketahui merupakan desain berbeda dari senjata umumnya yang dipegang beberapa pihak. Jenisnya P3A buatan Pindad dengan caliber 7,65 milimeter sebanyak 20 butir.

“Saya berharap agar selalu mengutamakan  faktor keamanan  baik dalam penyimpanan maupun pembawaaanya. Karena senjata ini adalah barang yang harus dirawat dan dipelihara agar mempunyai usia pakai yang panjang. Kemudian dalam penggunaannya agar digunakan sesuai prosedur dan dilengkapi administrasi kepemilikan senjata,” terangnya.

Sementara itu Gubernur NTT Frans Lebu Raya menyatakan  bahwa penyerahan senjata ini menurutnya pertama kali dalam sejarah. “Saya merasa bangga terlibat dalam urusan ini secara nyata. Yakin negara ini akan semakin kuat dalam menghadapi berbagai tantangan dan musuh dari luar. Terutama kami yang terletak di perbatasan, akan kami jamin perbatasan pasti aman,” ujarnya.

Sementara Gubernur Bali I Made Mangku Pastika memaparkan kini pembangunan angkatan bersenjata RI mulai menggeliat. Dengan adanya kombinasi gerakan dan penyusunan pasukan saat latihan gabungan diakuinya sangat bagus dan sesuai yang dibayangkan.

(bx/afi/aim/yes/JPR/pojoksulsel)



loading...

Feeds