Ini Pesan Bupati Lutim di Ngaben Bersama di Desa Margomulyo

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler saat menghadiri puncak pelaksanaan Ngaben Bersama di Desa Margomulyo, Kecamatan Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur. Kamis (10/08/2017).

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler saat menghadiri puncak pelaksanaan Ngaben Bersama di Desa Margomulyo, Kecamatan Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur. Kamis (10/08/2017).

POJOKSULSEL.com, LUWU TIMUR – Keberagaman adalah amanah yang harus dijaga menjadi satu kesatuan yang dibanggakan oleh Luwu Timur. Hal tersebut yang disampaikan oleh Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler saat menghadiri puncak pelaksanaan Ngaben Bersama di Desa Margomulyo, Kecamatan Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur. Kamis (10/08/2017).

Selain bupati, juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam, Anggota DPRD Luwu Timur, Made Sariana, Pembimas Hindu Kemenag Provinsi Sulsel, Ketua PHDI Provinsi Sulsel, Camat Tomoni Timur, Muhammad Syukri, Kepala Kasubsektor Tomoni Timur, Kadis Pariwisata, Budaya dan Olahraga, Hamris Darwis, Kabag Humas Alimuddin Bachtiar, Kades Margolembo dan Kertoraharjo, Panitia Pelaksana Ngaben, Rumpun Keluarga Besar Sekhe Aben dan Krama Adat Sidikarya.

Husler menegaskan dalam sambutannya bahwa keberagaman bahasa, suku dan adat budaya merupakan potensi yang dimiliki Luwu Timur. Lanjutnya, merupakan suatu kebanggaan memiliki kebhinekaan.

“Luwu Timur memiliki masyarakat yang majemuk, merupakan suatu kebanggaan yang harus dijaga bersama.” Ujar Husler.

Anggota DPRD Made Sariana yang turut hadir dalam Puncak Ngaben mengatakan perlunya pemda dalam memfasilitasi kegiatan keagamaan. Minimal infrastruktur akses jalan yang mempermudah masyarakat dalam beribadah.

“Dengan kegiatan ngaben seperti ini, pemda bisa melihat antusiasme warga yang tinggi.” Kata legislator demokrat itu.

Pelaksanaan upacara ngaben yang bertempat di Desa Margomulyo ini diikuti oleh 19 orang melaksanakan ngaben, 26 orang melaksanakan nyekah dan 6 orang melaksanakan ngelungah yang berasal dari beberapa daerah di Luwu Timur antara lain Desa Margomulyo, Kertoraharjo, Karambua, Lakawali, Tawakua, dan Pepuro Barat

Puncak Ngaben yang dilaksanakan hari ini dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Jelantik Wayahan Dauh yang diundang langsung oleh Panitia Pelaksana Ngaben Bersama dari Kabupaten Gianyar Provinsi Bali.

Tidak cukup di Tomoni Timur, Pelaksanaan Ngaben akan berakhir pada Jumat (11/08/2017) besok di Sorowako, Kecamatan Nuha. (tommy setiawan)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …