Selamat Jalan Glen Campbell, Penyanyi Country Legendaris

Glen Campbell

Glen Campbell

POJOKSULSEL.com – Dunia musik country tengah dirundung duka. Salah satu penyanyi country legendaris asal Amerika Serikat, Glen Campbell meninggal dunia dalam usia 81 tahun.

Seorang perwakilan label rekamannya, Universal, mengkonfirmasi bahwa musisi tersebut wafat di Nashville, Tennessee pada 8 Agustus 2017 waktu setempat.

Kabar tersebut juga telah dikonfirmasi pihak keluarga Glen Campbell. Dalam sebuah pernyataan, keluarganya mengumumkan kabar duka itu untuk semua orang.

“Dengan hati terberat kami mengumumkan meninggalnya suami, ayah, kakek, penyanyi legendaris, dan gitaris legendaris kami, Glen Travis Campbell, pada usia 81 tahun. Menyusul masa yang panjang dan pertarungan melawan penyakit alzheimer,” kata pihak keluarga, dilansir laman NME, Rabu (9/8).

Dalam karier yang berlangsung selama enam dekade, Glen Campbell sukses merilis 21 Top 40 hits, termasuk Rhinestone Cowboy, Wichita Lineman, dan By The Time I Get To Phoenix.

Glen Campbell menjual lebih dari 45 juta rekaman di seluruh dunia. Bahkan berhasil menjual lebih banyak dari buku The Beatles pada 1968.

Mendiang lahir di Billstown, Arkansas pada tahun 1936 dan pindah ke Los Angeles pada tahun 1962. Saat itu dia bergabung dengan kelompok Crunch Wrecking. Dengan mereka, Glen Campbell juga sempat bermain bersama musisi kenamaan lain seperti The Byrds, Elvis Presley, Merle Haggard, dan The Righteous Brothers.

Pada tahun 1964, Glen Campbell bergabung dengan Beach Boys dalam tur. Saat itu Brian Wilson tidak lagi mampu bermain bass dan bernyanyi harmoni tinggi setelah mengalami gangguan.

Glen Campbell merilis hit pertamanya pada 1965, yakni cover dari Universal Soldier Buffy Sainte-Marie. Dia juga dilantik menjadi Country Music Hall of Fame pada 2005 dan merilis album terakhirnya Adios awal tahun lalu.

(ded/JPC)



loading...

Feeds