Kubu Lama Masih Akan Tetap Berhadapan di Pilpres 2019

IST

IST

PEMILIHAN presiden (Pilpres) 2019 partai non pemerintah dipastikan tidak akan membentuk poros baru. Apalagi koalisi itu dibentuk untuk mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi calon presiden (capres) 2019.

Hal itu diungkapkan oleh Pengamat politik dari Universitas Paramadina Jakarta, Hendri Satrio di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/8).

Karena menurut Hendri, Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) kecil kemungkinan membentuk poros baru.

“Saya rasa AHY tidak disiapkan untuk 2019. Terlalu riskan dan itu artinya tidak ada poros baru,” tegas Hendri kepada JPNN di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/8).

Menurut Hendri, akan sangat tepat jika AHY dipersilakan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengambil alih tongkat komando partai berlambang bintang mercy itu.

Menurut dia, setelah 2019 mungkin tokoh-tokoh sentral partai politik seperti Megawati Soekarnoputri, SBY maupun Prabowo Subianto kemungkinan besar akan memberikan tongkat estafet kepemimpinan kepada generasi selanjutnya. 

“Di situlah nanti baru bisa dilihat kedewasaan sebuah partai politik,” tegasnya.

Menurut dia, sampai sekarang partai politik yang bisa dibilang dewasa adalah Partai Golkar dan PKS. “Karena siapa pun bisa jadi ketum (di Golkar dan PKS),” ujarnya.

Karena itu, kata dia, partai politik yang masih mengandalkan tokoh sentral harus diuji. “Bagaimana jika tokoh sentralnya sudah tidak lagi memegang partai, ini jelas persoalan berat bagi parpol,” ungkapnya.

(dms/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds