Bulog Pastikan Stok Komuditas Stategis Aman Jelang Idul Adha

Kepala Divisi Perum Bulog Sulselbar, Dindin Syamsuddin

Kepala Divisi Perum Bulog Sulselbar, Dindin Syamsuddin

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Kepala Divisi Perum Bulog Sulselbar, Dindin Syamsuddin, menjamin stok komoditas strategis di daerahnya aman menjelang Hari Raya Idul Adha pada 1 September mendatang.

Dengan adanya stok pangan yang dianggap tidak perlu menambah pasokan maupun menggelar operasi pasar. Kendati demikian, Bulog terus memantau harga pangan dan menyiapkan langkah antisipasi bila terjadi gejolak harga.

“Stok pangan kita aman. Misalnya beras, stoknya mencapai 148 ribu ton yang berarti aman hingga hampir 2 tahun mendatang,” kata Dindin, Selasa (8/8/2017).

Begitu pula dengan komoditas strategis lainnya, seperti daging kerbau, gula pasir, cabai dan bawang. “Intinya stok pangan di Sulselbar mencukupi untuk Idul Adha bahkan setelahnya. Jadi belum ada rencana penambahan stok,” kata Dindin.

Ia menjelaskan, untuk stok daging kerbau di Sulselbar mencapai 20 ribu ton. Adapun ketersediaan cabai dan bawang berkisar 1-2 juta ton.

Jumlah tersebut disebutnya mencukupi kebutuhan masyarakat Sulsel. Bahkan, untuk cabai dan bawang, Bulog Sulselbar ikut menyuplai kebutuhan beberapa provinsi di Indonesia Timur.

Apalagi, menurut Dindin, permintaan kebutuhan pangan pada Idul Adha di Sulselbar tidaklah begitu signifikan seperti halnya saat Idul Fitri. Sebab, kebutuhan masyarakat pada Idul Adha adalah hewan ternak untuk dikurbankan, seperti kerbau, sapi dan kambing.

Kondisi ini, dinilai tidak terlalu berpengaruh pada harga daging di pasaran. “Saat Idul Adha, orang membeli hewan ternak, seperti sapi dan kerbau untuk dikurbankan. Berbeda dengan Idul Fitri, orang ramai-ramai membeli daging untuk dikonsumsi pada hari raya,” jelas Dindin.

Lebih jauh, Dindin mengungkapkan bilapun terjadi gejolak harga di pasaran, pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipatif.

Bulog akan memaksimalkan keberadaan Rumah Pangan Kita (RPK) untuk menstabilkan harga kebutuhan. Ratusan RPK di Sulselbar diketahui tersebar hingga ke lorong dan pelosok desa.

“Harga pangan di RPK kan sudah dipatok sesuai aturan jadi pastinya terjangkau. Harapan kita, RPK itu bisa dioptimalkan saat momen-momen hari besar, termasuk menjelang Idul Adha,” pungkasnya.

(islamuddin dini/pojoksulsel)

 



loading...

Feeds

All England 2017, bulu tangkis, bulutangkis, pasangan owi butet, owi butet gagal di All England 2017, wakil indonesia di All England 2017

Owi/Butet Sukses “Ganyang” Malaysia

POJOKSULSEL.com, DUBAI – Pasangan Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memastikan satu tiket semifinal Dubai World Superseries Finals 2017. Keberhasilan …