Blue Light pada Smartphone Bisa Rusak Mata dan Ganggu Kesehatan

Ilustrasi

Ilustrasi

SMARTPHONE sudah menjadi teman sehari-hari setiap orang. Tidak mengecek smartphone lima menit saja, rasanya parno. Dilansir dari Time, sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa setiap orang mengecek smartphone rata-rata 46 kali per hari. Hal itu perlu diwaspadai karena blue light dari layar smartphone bisa berimbas pada mata.

GANGGUAN mata akibat terlalu lama menatap gawai dialami Wimbo Prakoso, food photographer dan mahasiswa asal Jogjakarta. Awalnya, dia merasakan sakit yang begitu hebat di daerah atas pelipis. Wimbo lalu mengonsumsi obat penghilang nyeri. Namun, sakitnya tidak juga reda.

’Beberapa dokter bilang, itu sinusitis yang kambuh karena aku memang punya sinus,’’ katanya.
Keesokan harinya, Wimbo mengatakan sulit membuka mata karena rasa nyeri yang semakin hebat. Dia lantas pergi ke UGD salah satu rumah sakit. Saat itu pandangannya terasa kabur dan gelap. ’’Sakit banget sampai nggak kuat berdiri. Lihat cahaya dikit pengin pingsan,’’ kata Wimbo.

Melalui pemeriksaan, Wimbo didiagonis mengalami gangguan akibat blue light layar smartphone. Beberapa bulan terakhir dia memang disibukkan dengan skripsi yang mengharuskannya menatap laptop dalam waktu lama. Bola mata diforsir untuk terus bekerja dan menerima cahaya. Kondisi itu diperparah penurunan daya tahan tubuh akibat aktivitas yang padat. ’’Sebelum tidur juga pasti main HP dulu di kamar yang gelap. Bangun pegang HP lagi,’’ katanya.

Nyeri yang dirasakan hilang kurang dari 24 jam setelah diberi obat. Namun, Wimbo menyatakan, nyeri itu bakal datang lagi saat dirinya terlalu sering menatap layar smartphone. ’’Bener-bener langsung pusing. Makanya, sekarang diusahakan nggak sering-sering lihat HP karena sakitnya bukan main dan bikin kapok,’’ ungkapnya.

Dokter Victor S. Tandean SpM menerangkan bahwa kondisi tersebut memang bisa muncul kembali. ’’Kemungkinan tidak bisa sembuh total, tapi bisa dihindari. Salah satu caranya, tak terlalu memforsir mata di depan layar,’’ jelasnya.

Blue light adalah spektrum cahaya yang tergolong dalam visible light. Artinya, cahaya itu bisa dilihat manusia. Blue light merupakan cahaya dengan gelombang terpendek dan memiliki energi terbesar di antara jenis visible light lainnya.

Secara alami, blue light bisa ditemukan pada sinar matahari yang menembus atmosfer bumi. Adapun blue light buatan ditemukan pada digital screen (smartphone, TV, komputer, tablet), flouroscent, dan lampu LED.

Saat ini semua gawai menggunakan teknologi LED untuk membantu tingkat kecerahan dan ketajaman layar. Pada layar LED itulah blue light buatan banyak diproduksi. Hal itu membuat kita betah berlama-lama melek di depan layar.

Dampak negatif blue light terasa jika terlalu sering menatap layar saat malam atau ketika di tempat gelap. Misalnya, main smartphone sebelum tidur. Hal itu membuat produksi melatonin (hormon di otak yang mengatur fungsi tubuh, termasuk siklus tidur) menurun. Rendahnya kadar melatonin membuat manusia rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Di antaranya, kanker, diabetes, jantung, obesitas, dan depresi.

Dampak buruk blue light terjadi dalam jangka waktu lama. Artinya, gejalanya baru terasa beberapa tahun setelah seseorang terlalu sering menatap layar gadget. Paparan blue light bisa mengakibatkan digital eye strain atau computer vision syndrome.

Beberapa gejalanya, antara lain, pandangan menjadi kabur, susah konsentrasi, mata kering dan iritasi, serta sakit di leher dan punggung. ’’Karena mata lelah, otot di sekitar leher dan punggung menjadi tegang dan sakit,’’ kata Victor.

Gangguan itu bisa diobati, tetapi tidak bisa membuat kondisi kembali 100 persen. Salah satu pengobatannya adalah menyuntikkan cairan yang mengandung afilbercept, ranibizumab, atau bevacizumab ke bagian intrafireal mata.

(adn/c15/ayi/pojoksulsel)



loading...

Feeds

maros, knpi maros, musda knpi maros, calon ketua knpi maros, ketua knpi maros, pemilihan ketua knpi maros

Inilah 6 Calon Ketua KNPI Maros

POJOKSULSEL.com MAROS – Enam orang bakal calon ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maros, secara resmi ditetapkan sebagai calon ketua …
pilgub sulsel, pilgub sulsel 2018, survei Poltracking, survei pilgub sulsel, nurdin abdullah, na pilgub sulsel, pilgub sulsel na, survei nurdin abdullah, survei na

PAN Merapat ke NA, Ini Kata Andi Rio

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN) kabarnya berada di barisan bakal calon gubernur Sulsel Prof Dr Nurdin Abdullah …

Kopel Buka Klinik Antikorupsi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Anggota Komisi Pemantau Legislatif (KOPEL) Indonesia, Syamsuddin berharap, Klinik Anti Korupsi mampu menumbuhkan dan melahirkan kader-kader terbaik …