Alhamdulillah, Dana untuk Pilgub Sulsel Disepakati

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan kepala daerah se Sulsel menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang kesepakatan pendanaan bersama (sharing) biaya Pilgub Sulsel 2018.

Penandatanganan yang dilakukan oleh KPU Sulsel, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan sejumlah kepala daerah tersebut dilakukan di ruang rapat pimpinan kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumihardjo Makassar, Selasa (8/8/2017).

 

“Jadi, desain awalnya Pilgub tanpa dana sharing itu memerlukan biaya sebesar Rp 695 miliar, akan tetapi dengan pola sharing ini maka dapat ditekan menjadi Rp456 miliar,” ungkap Iqbal Latief selaku Ketua KPU Sulsel.

Lebih lanjut, menurut Iqbal Latief, KPU dihadapkan dengan konsekuensi aturan sehingga diwajibkan menyusun anggaran dengan rasional.

“Tanpa dana sharing, (anggaran yang dibutuhkan) tidak seperti apa yang disetujui hari ini. (Dengan adanya sharing anggaran) maka anggaran dapat tereduksi sehingga lebih rasional menurut pandangan pemerintah,” sambung Iqbal.

Iqbal Latif membeberkan, penantian panjang itu dimulai sejak delapan bulan lalu, melalui proses diskusi dan pembahasan dengan Pemprov Sulsel dan DPRD Sulsel, maka disepakatilah anggaran Pilgub Sulsel Rp 456 miliar.

Diketahui, anggaran tersebut sudah dishare ke 12 kabupaten/kota sebanyak kurang lebih Rp86 miliar.

“Yang dibagikan ke 12 kabupaten yang tidak melaksanakan Pilkada dan hanya melaksanakan Pilgub itu Rp256 miliar. Sisanya dikelola di provinsi untuk pengadaan logistik, bimtek dan sebagainya,” tutup Ketua KPU Sulsel Iqbal Latif.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds