Ayo Minum Kopi 3 Gelas Sehari, Rasakan Manfaatnya

Ilustrasi

Ilustrasi

TELAH diketahui sejak lama jika kopi mampu menjaga kesehatan jantung. Meminum kopi murni tanpa gula, krimer, ataupun susu menjadi cara paling tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari secangkir kopi.

Dua studi terbaru secara independen menemukan bahwa minum tiga cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko kematian dini Anda.

Kedua studi tersebut dipublikasikan di Annals of Internal Medicine dan menunjukkan bahwa kebiasaan minum tiga cangkir kopi bisa menurunkan risiko penyakit hati, masalah peredaran darah, dan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan.

Bukan kafein faktor utamanya. Peneliti menduga penyebabnya adalah antioksidan yang ditemukan di kopi.

Jadi manfaatnya benar-benar hanya berasal dari kopi, bukan pada minuman berkafein lainnya. Dengan logika ini, kopi tanpa kafein sama efektifnya.

Dari penelitian, laki-laki yang minum tiga cangkir kopi setiap hari, 18 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih dini daripada mereka yang tidak minum kopi.

Sebaliknya, perempuan hanya menunjukkan kemungkinan kematian sebesar 8 persen.

Dalam studi kedua, minum hanya satu cangkir kopi setiap hari terbukti mengurangi risiko kematian pada sebesar 12 persen. Minum tiga cangkir kopi secara konsistem mengakibatkan pengurangan risiko kematian sebesar 18 persen.

Dr. Marc Gunter, pemimpin salah satu dari dua penelitian tersebut, ragu untuk menarik kesimpulan dramatis, namun setuju bahwa hasil penelitian ini tampak menjanjikan.

“Kami tidak berada pada tahap merekomendasikan orang untuk minum kopi lebih atau kurang,” kata Gunter, seperti dilansir laman MSN, Minggu (6/8).

“Namun, hasil penelitian kami menunjukkan bahwa minum kopi moderat, hingga sekitar tiga cangkir per hari tidak merugikan dan justru memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda,” pungkas Gunter.

(fny/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds