6 Tips Terhindar dari Flu dan Batuk

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Flu dan batuk bisa saja mengganggu seseorang dalam beraktivitas.

Flu dan batuk adalah penyakit paling umum dan paling sering ditemukan dalam sejarah umat manusia. Dan hingga saat ini, tidak obat yang benar-benar mampu mengatasinya secara secara instan.

Namun tahukah Anda bahwa pada orang-orang tertentu, flu dan batuk mungkin hanya terjadi setidaknya 2 kali dalam setahun. Hal ini mungkin sangat bertolak belakang dengan Anda.

Lalu apa yang salah dari Anda? Beberapa fakta di bawah ini mungkin dapat menjawabnya:

1. Vaksinasi
“Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda,” kata William Schaffner, M.D., profesor dari Vanderbilt University School of Medicine di Nashville.

Vaksin yang dapat digunakan oleh setiap orang dewasa efektif mencegah anda dari flu sebesar 50-60 persen. Tidak hanya itu, vaksin ini ternyata juga dipercaya mampu mengurangi resiko seseorang terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit lain terkait dengan jantung.

2. Sering mencuci tangan
Banyak ancaman mikroma yang datang melalui tangan anda. Untungnya, mikroba mudah untuk disingkirkan. Dengan sering mencuci tangan anda dengan sabun dan air hangat, anda dapat mengurangi resiko terkena flu.

3. Tidak merokok
Asap rokok adalah salah satu penyebab rusaknya membran mucus, yang berfungsi sebagai barisan depan terhadap serangan infeksi. Merokok juga merusak sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan, tidak hanya mengakibatkan penyakit jantung dan paru-paru, namun juga berkontribusi pada kanker kandung kemih, serviks, darah, usus besar dan rektal, esophagus, ginjal, liver dan masih banyak lagi.

4. Tertawa
Salah satu kunci untuk sehat adalah banyak tertawa. Pada studi yang Western Kentucky University terhadap beberapa partisipannya, mereka yang suka menonton film komedi menunjukan aktifitas yang luar biasa pada cell NK dalam tubuh, yang berfungsi sebagai pembunuh sel mikroba dan kanker.

5. Berolahraga
Aktifitas fisik dapat mendorong sel imune dalam darah dari liur. Dengan berolahraga setidaknya 45 menit dalam sehari, 5 hari dalam seminggu, anda dapat merasakan manfaatnya.

6. Istirahat yang cukup
Menurut studi Carnegie Mellon University (CMU) di Pittsburgh menyebutkan bawha kurang tidur dapat membuat anda terekspos pada serangan virus dan bakteri, karenanya penting untuk tidur tepat waktu dan dalam waktu yang dianjurkan.

“Tujuh hingga 9 jam adalah waktu yang optimal,” kata Sheldon Cohen, Ph.D. selaku pimpinan studi CMU.

(ruf/fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds