49 Petani Kalimantan Timur Belajar Kakao di Luwu Utara

pojoksulsel

pojoksulsel

POJOKSULSEL.com, LUWU UTARA – Sebanyak 49 petani kakao dari Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur mengikuti Pelatihan Peningkatan Keterampilan Perbanyakan Komoditi Tanaman Kakao yang dilaksanakan di Koperasi Tani Masagena Desa Pongo Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara, Senin (7/8/2017).

Pelatihan ini rencanana akan dilaksanakan selama sepekan, mulai 7 – 13 Agustus 2017 mendatang.

 

Kepala Dinas TPHP Agussalim Lambong dalam sambutannya meyakinkan para petani kakao dari Mahakam Ulu bahwa setelah belajar di Luwu Utara, khususnya di Koptan Masagena, ilmu yang akan didapat akan sangat berguna bagi petani lain di Mahakam Ulu.

“Saya sangat yakin, setelah belajar di sini, akan menjadi pintar semua, karena ada tiga doktor kakao yang akan melatih bapak di sini,” ujar Agussalim.

Olehnya itu, Agussalim mengharapkan, setelah mengikuti pelatihan Peningkatan Keterampilan Perbanyakan Komoditi Kakao ini, semua peserta bisa menjadi pelatih di kampong masing-masing.

“Saya harap, setelah dari sini, semua bisa menjadi pelatih, sekaligus menjadi guru kakao di sana. Jadi, yang 49 peserta ini nantinya bisa menularkan ilmunya kepada petani yang belum sempat mengikuti pelatihan ini,” terang Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Mahakam Ulu, yang diwakili Kabid Pembibitan Peternakan, Perikanan dan Perkebunan, Juliana RR, sangat berharap adanya perubahan kehidupan petani di Mahakam Ulu. Mengingat Mahakam Ulu adalah daerah yang baru tujuh tahun terbentuk, sehingga memerlukan tindakan nyata dalam merubah kehidupan masyarakat di sana, khususnya di bidang pertanian dan perkebunan.

“Insya Allah dengan kegiatan ini kami berharap, kehidupan itu bisa berubah, bukan cuma berharap doang, bukan juga belajar dan belajar saja, tapi harus ada aksi nyata di lapangan. Jangan kita sudah mengeluarkan biaya banyak, lantas setelah pulang, bukannya beraksi, eh malah tidur. Bukan itu yang kita harapkan,” tutur Juliana.

“Supaya kita bisa berubah, mari kita lakukan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan ini,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Koperasi Tani Masagena Desa Pongo, Ayu Antariksa, dalam laporannya mengatakan, dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan akan melahirkan expert-expert kakao yang handal di masa-masa mendatang.

“Saya kira ini awal yang baik bagi kita untuk melahirkan expert-expert kakao yang handal. Dan tentunya dengan adanya pelatihan di tempat kami ini adalah sebuah kehormatan bagi kami,” ujar Ayu.

Ayu menambahkan, selain 49 peserta, juga ada delapan orang pendamping dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mahakam Ulu yang ikut mendampingi para peserta.

Sebelumnya, ungkap Ayu, juga telah diadakan pelatihan serupa seminggu yang lalu. Di mana pelatihan tersebut dihadiri langsung Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Mahakam Ulu. Pelatihan pada gelombang pertama itu dihadiri 34 peserta dan empat pendamping.

Lukman Hamarong
Staf Humas Pemkab Luwu Utara



loading...

Feeds

Ini Rute JAGO Jilid Dua Partai Golkar

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Panitia Jalan Sehat Partai Golkar (JAGO) jilid dua Kota Makassar, Sulawesi Selatan sudah menyiapkan rute kegiatan yang …
kesehatan, bahaya obesitas, bahaya kegemukan, penyakit obesitas, obesitas, penyebab obesitas, penyebab kegemukan

Ini 4 Tanda Tubuh Anda Kurang Serat

POJOKSULSEL.com – Memenuhi kebutuhan serat sehari-hari merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap prima. Sebab, kurang serat merupakan …