Antisipasi Kebakaran, 37 Titik Air Ditemukan di Hutan Parangloe Gowa

Gabungan anggota Polsek Parangloe, Koramil Parangloe, dan Daops Manggala Agni melakukan patroli terpadu penanggulangan kebakaran di hutan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (4/8/2017).

Gabungan anggota Polsek Parangloe, Koramil Parangloe, dan Daops Manggala Agni melakukan patroli terpadu penanggulangan kebakaran di hutan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (4/8/2017).

POJOKSULSEL.com, GOWA – Gabungan anggota Polsek Parangloe, Koramil Parangloe, dan Daops Manggala Agni melakukan patroli terpadu penanggulangan kebakaran di hutan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (4/8/2017).

Saat melakukan patroli, tim terpadu menemukan 37 titik sumber air di Hutan Lindung Parangloe Gowa. Sumber air di hutan Parangloe ini, dapat digunakan apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan.

Tim patroli terpadu juga belum menemukan adanya titik api di wilayah hutan lindung Parangloe Gowa. Selain itu, tim patroli terpadu belum menemukan adanya pembukaan lahan dengan cara membakar hutan.

Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan mengatakan, patroli terpadu adalah salah satu upaya menjaga kawasan hutan agar terhindar dari kebakaran. Tim terpadu akan selalu berupaya mencari lokasi yang dimungkinkan terdapat titik-titik api.

“Apalagi saat ini cuaca sangat panas. Saat dilakukan pantauan saja, cuaca di hutan Parangloe mencapai 39 derajat Celsius,” kata Mangatas Tambunan, Jumat (4/8/2017).

Dikatakan Kasubag Mangatas Tambunan, titik-titik sumber air yang berhasil ditemukan oleh tim dapat akan sangat membantu apabila terjadi kebakaran hutan.

Selain memantau hutan, tim terpadu juga memberikan pemahaman kepada warga sekitar, supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan.

Kegiatan patroli antisipasi kebakaran hutan ini dilakukan secara rutin dan berkala. Pada tahap pertama dilakukan pada bulan April 2017 lalu. Kemudian, patroli tahap dua dilakukan pada bulan Mei 2017 lalu.

Sementara patroli tahap tiga berlangsung sejak bulan Juli 2017 lalu. Patroli terpadu ini akan berakhir pada bulan Agustus ini.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …