Stres Bikin Anda Lebih Cepat Tua

Ilustrasi

Ilustrasi

PERISTIWA kehidupan yang penuh tekanan seperti dipecat dari pekerjaan, bercerai atau bertengkar bisa membuat otak menua hingga empat tahun, hal ini menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan di Konferensi Internasional Asosiasi Alzheimer di London.

Studi yang belum dipublikasikan di jurnal medis peer-reviewed ini juga menemukan bahwa orang Amerika-Afrika tampaknya paling berisiko mengalami perubahan otak terkait stres.

Peserta studi Afrika-Amerika tidak hanya melaporkan lebih dari 60 persen kejadian yang lebih menyakitkan daripada rekan kulit putih mereka, namun setiap pengalaman individu juga terkait dengan hasil kognitif yang lebih buruk.

Pada peserta kulit putih, setiap pengalaman stres dikaitkan dengan perubahan otak yang menyamai kira-kira satu setengah tahun penuaan otak normal, menurut sebuah laporan dari NPR.

Pada peserta Afrika-Amerika, setiap pengalaman stres membuat usia otak menua rata-rata empat tahun.

Sementara penelitian tersebut tidak mencari gejala demensia secara khusus, para penulis menunjukkan bahwa prevalensi penyakit Alzheimer meningkat.

“Stres adalah kontributor yang jelas dalam penuaan kognitif dan studi lebih lanjut sangat diperlukan,” kata pemimpin peneliti, Megan Zuelsdorff, PhD, seperti dilansir laman Lifescript.

Penelitian ini melibatkan 82 orang dewasa Afrika-Amerika dan 1.232 orang dewasa kulit putih non-Hispanik.

Semua peserta menjawab pertanyaan tentang pengalaman stres sepanjang hidup mereka, termasuk kesulitan dalam pendidikan, konflik interpersonal, ketidakamanan finansial, masalah sistem hukum atau keadilan, adanya masalah kesehatan yang serius dan trauma psikologis atau fisik.

Mereka juga menyelesaikan tes kognitif yang mengukur kemampuan memori dan pemecahan masalah.

Kedua kelompok tersebut, peserta Africa-America dan peserta kulit putih sama-sama berpendidikan tinggi dan kelompok tersebut tidak berbeda dalam usia rata-rata 58 tahun sekolah atau persentase orang yang membawa gen APOE-e4, sebuah genetika faktor risiko penyakit Alzheimer.

Terlepas dari kesamaan ini, orang-orang Amerika-Afrika melaporkan rata-rata 4,5 kejadian penuh tekanan sepanjang hidup, dibandingkan dengan hanya 2,8 kejadian penuh tekanan sepanjang hidup yang dilaporkan oleh peserta kulit putih.

Pengalaman seperti itu terkait dengan ingatan dan kemampuan berpikir yang buruk bagi orang-orang di kedua kelompok, namun pengaruhnya meningkat bagi orang Afrika Amerika.

“Temuan kami menegaskan kembali efek stres pada kesehatan kognitif dan disparitas,” para penulis menulis dalam studi abstrak mereka.

Mereka menekankan perlunya “intervensi yang ditargetkan” untuk menghilangkan perbedaan faktor risiko di kelompok ras dan khususnya, untuk orang-orang yang berada dalam populasi kurang beruntung.

Ini bukan studi pertama yang menghubungkan stres dan masalah kognitiif.

Sebuah studi 2015 di jurnal Alzheimer Disease and Associated Disorders menemukan bahwa orang dewasa yang menganggap diri mereka berada di bawah tekanan adalah 30 persen lebih mungkin mengalami gangguan kognitif dini, bahkan setelah memperhitungkan gejala depresi, usia, jenis kelamin, ras, pendidikan dan faktor risiko genetik

Stres bisa memengaruhi kadar hormon dalam tubuh dan mengurangi kepadatan sel saraf di otak.

Stres juga bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh dan bisa berkontribusi pada pengembangan protein plak di otak, yang keduanya telah dikaitkan dengan perkembangan Alzheimer.

(fny/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds

manfaat pisang

Pisang Bica Cegah Penyakit Jantung

POJOKSULSEL.com – Sebuah studi menemuan kalau serangan jantung bisa dihalau, salah satunya dengan mengonsumsi pisang setiap hari. Menurut periset dari …
minum sambil berdiri

6 Bahaya Minum Sambil Berdiri

POJOKSULSEL.com – Minum sambil duduk sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Begitu pun saat makan. Rasulullah SAW dalam hadis yang berbunyi …
cuaca makassar hari ini

Info Cuaca Makassar Hari Ini

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Cuaca Kota Makassar dan sekitarnya, Senin (23/10/2017) hari ini, diperkirakan cerah berawan dan disertai hutan lokal. Hal …