Rumah Habibie di Parepare Akan Disulap Menjadi Museum

BJ Habibie

BJ Habibie

PEMERINTAH Kota Parepare berencana akan menjadikan rumah tempat kelahiran Presiden RI ke-3, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Jalan Abdul Jalil, Kota Parepare, dialih fungsikan menjadi museum Habibie.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare, Iwan Assad, Kamis (3/8/2017).

Menurut dia, itu dilakukan untuk mendukung Konsep pembangunan di Kota Parepare selama 3 tahun terakhir. Konsep penyelenggaraan pembangunan di kota Parepare terinspirasi dari sosok Engineering BJ. Habibie.

Iwan As’ad menuturkan, pembangunan museuem tersebut menunggu kepekatan antara pihak pemerintah Kota dengan Bank BNI sebagai pemilik lahan dan Bangunan.

“Kita telah dua kali bertemu dengan pihak BNI Parepare dan mudah-mudahan pertemuan ketiga dengan pihak BNI pusat bisa kita temukan titik temu, Sehingga aset milik mereka bisa dijadikan cagar budaya pembangunan museum,”jelas mantan Kadis Kominfo Parepare, ini.

Pembangunan museum, sebut Iwan, atas keinginan Pak Habibi sendiri yang disampaikan ke Wali Kota Parepare.

“Pak Habibie tertarik di Kota Parepare karena beliau lahir di sini dan ingin museum itu berdiri di rumah tempat beliau dilahirkan,”ungkap dia.

Iwan mengungkapkan, museum itu nanti akan menampilkan sejarah tentang Habibie. Semua tanda jasa bertaraf nasional dan international dari tokoh dunia ini nantinya akan mengisi museum tersebut.

“Museum inilah nantinya yang akan memuat sejarah lengkap tentang Prof BJ Habibie, termasuk semua tanda jasa Pak Habibie baik nasional maupun internasional tersaji di museum,”tandas dia.‎ (sps/pemkotpare/pojoksulsel)



loading...

Feeds