Heboh Foto Ahok Berenang di Pantai, Ternyata Ini Faktanya

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

POJOKSULSEL.com – Media sosial dihebohkan dengan foto Ahok yang kedapatan berenang di pantai.

Informasi itu seolah-olah ingin menggiring opini bahwa Ahok tidak berada di penjara Mako Brimob.

Salah satu penyebar informasi itu pemilik akun Facebook Ful (shaiful.wahyudi.1).

Dia menyebarkan foto Ahox sedang berenang dengan caption ’’Silahkan Bantah Bahwa Ini Bukan Ahok. Dengan Menunjukkan Foto Ahok Di Penjara. (Mako Brimob?) Kalau Ada’’.

Jawa Pos mencoba menghubungi Ful mengenai foto yang di-posting tersebut lewat aplikasi Facebook Messenger. Namun, pemilik akun yang menuliskan lives in Surabaya di profilnya tersebut tidak merespons.

Posting-an Ful itu disebar netizen hingga 487 kali. Dalam komentar posting-an Ful, banyak orang yang percaya. Namun, ada sekitar tiga orang yang menyebut itu hoax.

Berdasar penelusuran Jawa Pos, bukan hanya Ful yang menyebarkan foto itu. Ada juga pemilik akun Twitter Intelektual Bahula (@plato_id) dan Ghost401 (@ICM212).

Pemilik akun Twitter itu malah jelas menuduh foto Ahok itu beberapa hari lalu di pulau pribadi Ahok di Belitung.

Foto Ahok berenang itu ternyata dijepret oleh jurnalis Kompas.com bernama Fabian Januarius Kuwado. ’’Ya, itu foto saya,’’ ujar Fabian saat dimintai konfirmasi Jawa Pos kemarin.

Foto tersebut diambil Sabtu, 15 Februari 2014. Ketika itu, Ahok yang masih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta pulang kampung untuk berlibur. Dia mengajak beberapa pejabat pemprov dan jurnalis.

(JPNN)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …