Transportasi Online Serap Tenaga Kerja Paling Besar

Go Jek Makassar

Go Jek Makassar

HADIRNYA transportasi berbasis online berpengaruh signifikan terhadap serapan tenaga kerja.

Data yang dirilis AlphaBeta pada tahun 2017 menunjukan, sekitar 43 persen dari total 4000+1000 mitra transportasi online yang bergabung, mereka semua berasal dari bukan angkatan kerja.

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati menyebut secara ekonomi, teknologi digital sangat dibutuhkan saat ini.

Hal itu akan mendorong adanya peningkatan aktifitas ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat.

“Jadi menurut sisi ekonomi dengan adanya inovasi pasti ini akan meningkatkan yang langsung ada perluasan tenaga kerja dan membuat efisiensi perekonomian. Nantinya efisiensi itu bisa meningkatkan produktivitas nasional. Sesuai nawacita pemerintah,” ujarnya dalam diskusi di Bakoel Koffie, Jakarta, Kamis (3/8).

Sementara dari sisi kesempatan kerja, ada peluang sebesar 200 ribu tenaga kerja yang bisa terserap. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor transportasi menjadi yang paling besar menyerap tenaga kerja.

“Sektor yang melakukan kesempatan perluasan kerja itu hanya transportasi. Yang lainnya menurun, kalo gak menurun melambat. Memang tidak ada detailnya,” jelas dia.

Sayangnya, saat ini Indonesia masih begitu bergantung pada kendaraan pribadi. Padahal, kota-kota besar lainnya sudah mulai beralih ke transportasi umum.

Untuk itu, perlu dukungan dari pemerintah dalam mendorong masyarakat agar mau beralih menggunakan transportasi umum.

“Akan bisa efisiensi waktu dan tidak hanya biaya. Di semua kota besar kalau diperhatikan hampir tidak ada, atau di banyak negara kota besar hampir tidak ada yang mengandalkan transportasi pribadi tapi transportasi publik,” tandasnya.

(cr4/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …